Penerapan Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 1 Teladan Palembang

  • Khoirun Naimah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Maryamah Maryamah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Metode genius learning, Hasil Belajar, SKI

Abstract

Penelitian ini berjudul penerapan metode genius learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI  kelas IV di MIN 1 Teladan Palembang. Permasalah didalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode genius learning pada mata pelajaran SKI, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI sebelum dan sesudah diterapkan metode genius learning, dan bagaimana pengaruh penerapan metode genius learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI.Dimana tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode genius learning, hasil belajar yang telah diterapkannya dan terdapat pengaruh yang signifikan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Eksperimen (pre-eksperimental) dengan bentuk design one group pretest-posttest dan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun populasinya siswa kelas IV  berjumlah 120 siswa dan sampel yang terpilih siswa kelas IV D berjumlah 30 siswa. Alat pengumpul data berupa observasi, dokumentasi, wawancara, tes.Teknik analisis data dengan rumus statistik TSR dan tes “t”.Dari hasil temuan  ini maka dapat diuraikan 14 (47%) mengatakan hasil belajar siswa dikategorikan tinggi, 10 (33%) responden dikategorikan sedang dan 6 (20%) kebawah termasuk kategori rendah. Dalam rangka uji coba terhadap penerapan atau keampuhan metode baru, dilaksanakan penelitian lanjutan dengan mengajukan Hipotesis Nihil yang menyatakan: Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 4,813) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts5% = 2,04 dan  tt.ts1% = 2,76) maka dapat diketahui to adalah lebih besar tt; yaitu 2,04  4,813 2,76 yang berarti nilai to lebih besar dari ttabel dalam hal ini hasil belajar siswa meningkat dan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode genius learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV D di MIN 1 Teladan Palembang.
Published
30-08-2017