Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang

  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu-Musi Banyuasin
  • Nadjamuddin Royes Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: profesionalisme guru, pengembangan bahan ajar

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang disyaratkan dalam melakukan tugas pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan guru dalam menguasai materi ajar dan mengembangkannya, karena materi ajar merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran dan merupakan bagian penting untuk menentukan keberhasilan peserta didik. Dalam penelitian merupakan deskriptif kualitatif dengan informan dua orang guru bahasa Arab, lima orang siswa dan kepala madrasah di MIN 1 Teladan Palembang. Alat pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam pengembangan materi ajar bahasa Arab yang dilakukan oleh guru bahasa Arab yakni guru membutuhkan kemampuan dalam menguasai dan merancang materi pembelajaran, memilih dan mengumpulkan materi seoptimal mungkin untuk membantu peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, Menyusun materi sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran dimana materi diurutkan berdasarkan SK dan KD yang ada. Mengidentifikasi materi-materi yang diperoleh dan yang tidak diperoleh dari buku, Menyusun program pengajaran. Adapun profesionalisme guru dalam mengembangkan materi pembelajaran semakin profesional guru tersebut maka akan semakin mudah baginya dalam mengembangkan materi ajar. Guru yang profesional akan meguasai materi dengan berpedoman pada silabus yang ditetapkan, mengembangkan kreatifitasnya dengan cara sharing pengalaman antara guru, mengembangkan dan memanfaatkan media media massa dan media cetak. mengembangkan dirinya melalui seminar pendidikan, workshop, dan belajar mandiri. Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan materi ajar ialah faktor internal yaitu kemampuan serta keinginan dari diri guru bahasa Arab itu sendiri serta faktor eksternal yaitu keadaan sarana prasarana serta dukungan dari orang lain.

References

Hamid, A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode,Strategi, Materi dan Media). Malang : UIN-Malang Press.
Hanafiah , N & Suhana, C. (2012). Konsep, Strategi Pembelajaran. Bandung: Reflika Editama.
Haryanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hawi, A. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Rajawali Pers.
Mudlofir, A. (2013). Pendidik Proesional (Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, S & Usman, B. (2002). Guru Professional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Redaksi Sinar Grafika. (2005). Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI No.14 Tahun. 2005. Jakarta : Sinar Grafika offset.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, HB. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
04-01-2018