Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pelajaran Bahasa Inggris di MIN 1 Palembang

  • Khodijah Khodijah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Pendekatan Komunikatif, Keterampilan Berbicara

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah masih sangat rendah, khususnya dalam aspek keterampilan berbicara. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara maka perlu diadakannya pelatihan yang mendasar, di antaranya mengenalkan kosakata dan membuat kalimat sederhana, melalui berbagai pendekatan. Salah satu pendekatan yang dapat memotivasi serta memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk berbicara di dalam kelas tanpa merasa takut salah pengucapan ialah pendekatan komunikatif. Penelitian ini untuk melihat bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas IV sebelum dan sesudah serta pengaruh penerapan pendekatan komunikatif pada pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain one group pretest-posteest. Adapun populasi dan sampelnya adalah siswa kelas IV berjumlah 121 siswa, dengan sampel 30 siswa kelas IVC. Alat pengumpulan data berupa observasi, tes praktik, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil peneliitian bahwa keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebelum diterapkannya pendekatan komunikatif (struktural) yang tergolong tinggi sebanyak 5 orang siswa (16%), tergolong sedang sebanyak  17 orang siswa (57%), dan tergolong rendah 8 orang siswa (27%). Sedangkan hasil keterampilan berbicara yang sesudah diterapkan pendekatan komunikatif yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang siswa (27%) tergolong sedang sebanyak  16 orang siswa (53%) dan tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (20%). Berdasarkan analisis data dengan rumus product moment adalah nilai perhitungan   lebih besar dari pada , baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 0,3610,463. Ha diterima dan Ho ditolak. ini menunjjukan bahwa penerapan pendekatan komunikatif itu telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IVC pada pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Cet. Ke-1. Jakarta: Visi Media Pustaka.
Effendi, A. F., (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. Ke-4. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik, Cet. Ke-3. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyati, Y. (2011). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian, Cet. Ke-8. Bogor: Ghalia Indonesia.
Priyatni, E. T., (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013, Cet. Ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadhono, K & Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Santosa, P. (2013). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Tanggerang: Universitas Terbuka Sumardi, M. (2014). Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Stastistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen , Cet. Ke-2. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G., (1984). Metodologi Pengajaran Bahasa 1, Cet. Ke-1. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G., (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Kaltsum, H. U., (tt). “Tanggapan Perseptual Guru Bahasa Inggris di SD Se-Surakarta Terhadap Kebijakan Pelaksanaan Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 1, (Online), http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/download/1550/1090 .
Herlinanoldy. “ Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo”, Jurnal Ilmiah Visi Pptk Paudni Vol. 10, No.2, (Online), http://journal.unj.ac.id/jurnalfip/index.php/visi/article/download/12/15.
Published
04-01-2018