PROFIL PERKEMBANGAN PENGETAHUAN PEDAGOGIKKONTEN GURU MELALUI WORKSHOP DESIGN RESEARCH PMRI

Main Article Content

Riza Agustiani

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan dalam satu dekade terakhir adalah pelatihan guru sebagai salah satu faktor pendukung keberlangsungan dan keberhasilan pembelajaran di kelas.Pelatihan guru dimaksudkan untuk mereformasi pandangan, pengetahuan, dan kemampuan guru dalam menggunakan pendekatan PMRI di kelasnya.Kegiatan pelatihan dilakukan melalui seminar dan workshop PMRI.Penelitian dilakukan dengantujuan untuk mendeskripsikan level pengetahuan pedagogik konten guru sebelum dan sesudah mengikuti workshop PMRI berbasis design research.Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi terhadap salah satu guru kelas 2 salah satu sekolah dasar (SD) di Surabaya.Instrumen yang digunakan pada saat melalukan observasi kelas adalah instrumen penilaian PMRI yang mencakup skala pedagogik, skala konten, dan skala konteks yang menunjukkan level PCK guru. Dari hasil analisis data secara kualitatif terhadap hasil instrumen penilaian PMRI disimpulkan terdapat perubahan pengetahuan pedagogik-konten guru berupa kenaikan level pengetahuan pedagogik- konten guru dari level 2 ke level 3. Hasil ini mengindikasikan bahwa workshop design research PMRI dapat menjadi media pelatihan dan pengembangan pengetahuan pedagogik-konten guru PMRI.

Article Details

How to Cite
Agustiani, R. (1). PROFIL PERKEMBANGAN PENGETAHUAN PEDAGOGIKKONTEN GURU MELALUI WORKSHOP DESIGN RESEARCH PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 41-61. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1223
Section
Artikel