PENGARUH SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Lestariningsih Lestariningsih, Baqiyatus Sholichah

Abstract


Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal dan pendekatan belajar salah satunya pada faktor internal, contohnya sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap siswa pada matematika terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Dengan hasil uji hipotesis diperoleh harga r ≠ 0 maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan koefisien korelasi r hitung = 0,907 dengan N = 25 dan taraf kesalahan 1%  diperoleh r tabel = 0,505 dapat disimpulkan r hitung > r tabel, yang berarti ada hubungan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika dengan tingkat interpretasi sangat kuat. Dengan persamaan analisis regresi linear sederhana Y ̂ = 19,8 + 0,99 x dengan koefisien determinasi sebesar 82,3% dan hasil perhitungan F_(  hitung)= 107,221 dengan F_(  tabel)= 4,28 dapat disimpulkan F_(  hitung) lebih besar dari pada F_(  tabel) yaitu 107,221 > 4,28 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil belajar matematika dipengaruhi sebesar 82,3 % oleh sikap siswa pada matematika, sisanya 17,7 % dipengaruhi oleh faktor lain

Keywords


Sikap Siswa, Matematika, Persamaan Kuadrat, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED by :