PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING

Main Article Content

Agustiany Dumeva Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kompetensi pedagogik calon guru matematika, yang berfokus pada kemampuan merencanakan dan kemampuan mengimplementasikan pembelajaran, melalui lesson study pada mata kuliah micro teaching. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Fatah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika, berjumlah 10 orang. Tahap pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil temuan menunjukkan kemampuan guru model meningkat lebih baik melalui Lesson Study. Kegiatan lesson Study sangat potensial dalam peningkatan kualitas keprofesionalan guru yang berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran dan menciptakan proses interaksi antar berbagai pihak.

Article Details

How to Cite
Putri, A. (2018). PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2346
Section
Artikel

References

Aminah, N. (2014). Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Euclid, 1(1), 55-59.
Aryulina, D. (2010). Penerapan Lesson Study pada Microteaching bagi Calon Guru Biologi. In Forum Kependidikan (Vol. 30, No. 1, pp. 14-19).
Hidayat, B. (2016). Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro.HISTORIA: JOURNAL OF TEACHING HISTORY AND HISTORICAL SCIENCE, 4(2), 75-80.
Ismail, M. I. (2017). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan pendekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 98-105.
Lidinillah, D. A. (2009). Lesson Study Sebagai Inovasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia–Kampus Tasikmalaya.
Susilo, H, Chotimah, H, Joharmawan, R, Jumiati, Dwita sari, Y, dan Sunarjo. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publising