ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH STRUKTUR ALJABAR DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Main Article Content

Tika Dwi Nopriyanti Allen Marga Retta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar sebagai salah satu cara untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa test yang dilakukan diakhir perkuliahan. Test dilakukan untuk melihat hasil belajar mahasiswa sebagai evaluasi pembelajaran. Hasil yang didapat dari test dikoreksi dan dianalisis sehingga diperoleh nilai rata-rata mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar yaitu 70,3 dan masuk dalam kategori tinggi. 62,8% mahasiswa atau 22 mahasiswa memperoleh nilai diatas rata-rata.

Article Details

How to Cite
Nopriyanti, T., & Retta, A. (2018). ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH STRUKTUR ALJABAR DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 53-63. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2498
Section
Artikel

References

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Kedua ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, A. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Struktur Aljabar Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Tahun Ajaran 2015/2016.
Depdiknas. (2003). Materi Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan dan Penggunaan Alat Evaluasi serta Pengembangan Sistem Penghargaan Terhadap Siswa. Jakarta: Direktorat PLP-Ditjen Dikdasmen.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1985). Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Pub.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mas'oed, F. (2013). Struktur Aljabar. Jakarta: Akademia Permata.
Phillips, A. (1979). Measurement and Evaluation in Physical Education. Canada: Whiley & Sons, Inc.
Sudjana, N. (2005). Medode Statistika (6 ed.). Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Program Belajar Mengajar (6 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, W. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Zainul, A., & Nasution, N. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.