Sistem Informasi Proses Pembelajaran Berbasis SMS Gateway Pada Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah IV Palembang

Main Article Content

Muhammad Leandry Dalafranka Gusmelia Testiana Darusalam Darusalam

Abstract

Masalah yang terjadi pada MI. Qur’aniah IV Palembang yaitu pada penyimpanan data yang masih berbentuk file-file, seperti file dalam bentuk word dan excel. Penyampaian informasi yang kurang efisien dengan harus bertatap muka dengan guru di madrasah. Solusi yang diberikan dengan membangun sistem informasi dengan fasilitas SMS Gateway sebagai penyampaian informasi. Metode pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: tahap analisis (analysis), desain (design), pengkodean (code), pengujian (testing) dan dukungan (support). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah SMS Gateway sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mengakses data. Kesimpulannya sistem ini dapat membantu madrasah untuk memberikan layanan informasi dengan mudah.

Article Details

How to Cite
Dalafranka, M., Testiana, G., & Darusalam, D. (2015). Sistem Informasi Proses Pembelajaran Berbasis SMS Gateway Pada Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah IV Palembang. JUSIFO, 1(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/3809
Section
Artikel

References

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Nugroho, A. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Pressman, R. (2001). Software Egineering: A Practitioner’s Approach. Mc Graw Hill.
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Surupati, D. P. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Atas Penjualan dan Penagihan Piutang pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 422-432.