Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang)

Main Article Content

Yeni Erlika Freddy Kurnia Wijaya Rusmala Santi

Abstract

Penggunaan simak online perlu dilakukan review untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna simak online dengan menggunakan pendekatan model kepuasan pengguna akhir komputer EUCS yang berfokus pada kepuasan pengguna yang mencakup lima dimensi; content, accuracy, format, ease of use, timeliness. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 390 responden terdiri dari dosen dan mahasiswa/i di Universitas Islam Negeri raden Fatah Palembang. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna simak online sebesar 13% merasa sangat puas, 44% merasa puas, 34% merasa cukup puas, 9% merasa tidak puas, 1% merasa sangat tidak puas. Hasil penelitian ini sebagai masukan bagi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang khususnya untuk simak online dikaitkan dengan lima (5) variabel yang ada masih harus dan terus ditingkatkan lagi. Tingkat kepuasan pengguna akan mempengaruhi kesuksesan dalam penerapan sistem informasi akademik.

Article Details

How to Cite
Erlika, Y., Wijaya, F., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(1), 29-40. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3858
Section
Artikel

References

Djahir, Y. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Doll, W. J., Xia, W., & Torkzadeh, G. (1994). A Confirmatory Factor Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument. MIS Quarterly, 453-461.
Imelda & Erik, M. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Dasar Negeri Sukajadi 9 Bandung. Jurnal Teknologi dan Informasi UNIKOM, 47-48.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F. & Chandra, G. . (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Most read articles by the same author(s)