Sistem Informasi Distribusi Produk Paint Otomotif Menggunakan Metode DRP (Distribution Requirements Planning) Berbasis Web (Studi Kasus: CV. Catur Pandawa Maju Bersama Palembang)

Main Article Content

Selly Yuliarti Ruliansyah Ruliansyah irfan Dwi Jaya

Abstract

CV. Catur Pandawa Maju Bersama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis retail thinner dan cat yang aktivitas perusahaan mencakup penjualan thinner dan cat, baik secara tunai maupun kredit. Prosedur penjualan cash lebih sederhana dibandingkan penjualan secara kredit. Karena prosedur penjualan secara cash semua transaksi dilakukan langsung di perusahaan tersebut. Permasalahan yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan yaitu belum sepenuhnya menggunakan fasilitas teknologi informasi untuk lebih mempermudah proses pendistribusian dan dalam proses pembelian masih dilakukan dengan cara pencatatan ke buku seperti data pemasukan dan pengeluaran barang berupa nota dalam proses distribusi. Metode perhitungan yang digunakan DRP (Distribution Requirement Planning) dan menggunakan perancangan Data Flow Diagram (DFD), metode pengembangan sistem waterfall, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Data yang diolah pada sistem distribusi berupa data yaitu: data jenis barang, data salesman, data toko, data harga toko, data stok barang (barang masuk dan barang keluar) dan laporan yang dihasilkan berupa laporan penjualan, keuangan, dan stok barang. Sistem ini dibangun dapat mempermudah pihak CV. Catur Pandawa Maju Bersama dalam melakukan kegiatan distribusi produk paint otomotif.

Article Details

How to Cite
Yuliarti, S., Ruliansyah, R., & Jaya, irfan. (2017). Sistem Informasi Distribusi Produk Paint Otomotif Menggunakan Metode DRP (Distribution Requirements Planning) Berbasis Web (Studi Kasus: CV. Catur Pandawa Maju Bersama Palembang). JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 3(2), 135-142. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i2.3868
Section
Artikel

References

Gaspersz, V. (2004). Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia.
Indrajani. (2014). Database Systems Case Study All in One. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Nugroho, B. (2008). Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL Dengan Dreamweaver MX. Yogyakarta: Gava Media.
Pratama, I. P. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.