Pengukuran Keamanan Informasi Menggunakan Indeks Keamanan Informasi (KAMI) Studi Kasus di PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang

Main Article Content

Catur Eri Gunawan Fenando Fenando

Abstract

Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) merupakan sebuah lembaga di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang menangani permasalahan teknologi informasi dan pengolahan data yang dimiliki UIN Raden Fatah Palembang. Observasi awal yang dilakukan pada penelitian ini yaitu belum dilakukan evaluasi tingkat kesiapan pengamanan informasi di PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian secara internal terhadap sistem manajemen keamanan informasi di PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang. Standar yang digunakan yaitu indeks keamanan informasi (KAMI) sebagai alat evaluasi untuk mengukur kesiapan pengamanan informasi di PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang. Hasil dari pengukuran tingkat ketergantungan terhadap penggunaan sistem elektronik yaitu sebesar 25 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian hasil pengukuran dari kelima area yaitu sebesar 211 yang termasuk ke dalam kategori Tidak Layak. Selanjutnya dalam penelitian ini diberikan rekomendasi perbaikan untuk masing-masing pertanyaan yang mendapat skor buruk (tidak dilakukan). Rekomendasi ini sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan bagi pihak PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang sebelum nantinya melakukan pengukuran keamanan informasi kembali menggunakan Indeks KAMI.

Article Details

How to Cite
Gunawan, C., & Fenando, F. (2018). Pengukuran Keamanan Informasi Menggunakan Indeks Keamanan Informasi (KAMI) Studi Kasus di PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang. JUSIFO, 4(2), 121-132. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4107
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
IBISA. (2011). Keamanan Sistem Informasi (1st ed.). Yogyakarta: ANDI.
Kemenkominfo. (2015). Indeks KAMI Versi 3.
Rahardjo, B. (2002). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet (Vol. 0). PT. Insan Indonesia-Bandung & PT. Indocisc-Jakarta.
Rosadi, M. I., & Hakim, L. (2015). Pengukuran dan Evaluasi Keamanan SIAKAD Universitas Yudharta Menggunakan Indeks KAMI. Explore IT: Jurnal Keilmuan & Aplikasi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 33–42.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.