Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa

Main Article Content

Utami Mizani Putri Sri Rahayu

Abstract

Penerapan teknologi informasi yang terkait dengan proses penilaian evaluasi akhir siswa yang berbasis komputer menjadi sangat menarik minat banyak lembaga pendidikan untuk menerapkannya. Kegiatan ujian yang masih menggunakan metode konvensional biasanya memerlukan waktu, biaya dan tenaga yang cukup banyak. Oleh karena itu kendala tersebut seharusnya dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi maka dibuatlah aplikasi CBT (Computer Base Test) untuk membantu lembaga-lembaga pendidikan dalam proses penilaian evaluasi akhir siswa menggunakan metode User Centered Design. Kemudian untuk pengujian menggunakan metode usability testing, dengan berdasarkan penilaian dari siswa, admin, operator dan guru, sehingga tingkat kelayakan adalah sangat layak. Persentase kelayakan pengguna berdasarkan faktor usability testing secara berurutan memperoleh persentase sebesar  95,57% untuk faktor learnability 86,48% untuk faktor efficiency 91,14% untuk faktor memorability, 90,29% untuk faktor Errors dan 94% Satisfaction. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem aplikasi ujian berbasis computer (Computer Base Test - CBT) memiliki kualitas baik dan sangat layak untuk proses pengolahan data akademik siswa.

Article Details

How to Cite
Putri, U., & Rahayu, S. (2018). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa. JUSIFO, 4(2), 153-164. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4110
Section
Artikel

References

Harold F. Rahmlow & Katheryn K. Woodley. (1979). Objectives-based Testing: A Guide to Effective Test Development. Englewood Cliffs, N.J: Educational Technology.
Henry, S.L. & Grossnickle, M. (2004). Accessibility in the User Centered Design Process. Atlanta, Georgia, USA: Georgia Tech Research Corporation. Atlanta, Georgia, USA: Georgia Tech Research Corporation, Inc.
ISO 13407. (1999). Human-centred design processes for interactive systems (p. 11). p. 11. Retrieved from https://www.iso.org/standard/21197.html
McKenna, J. B. and C. (2004). Blueprint for Computer-Assisted Assessment. New York: RoutledgeFalmer.
Roger Schank. (2002). Designing World-class e-Learning. New York, USA.: McGraw Hill Professional.
Widoyoko, E. P. (2014). SEKOLAH, PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Surakarta: Pustaka Pelajar.