Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang)

Main Article Content

Masdalia Julya Pranita Dian Hafidh Zulfikar Catur Eri Gunawan

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kepuasan pengguna Sistem Keagenan Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang. BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (PERISAI) yang merupakan sebuah inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui sistem keagenan untuk mengakuisisi pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dan dalam penelitian ini digunakan Model End User Computing Satisfaction, dimana dalam mengukur Sistem Keagenan Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang Model End User Computing Satisfaction terdiri dari 5 faktor yaitu Isi (Content), Akurasi (Accuracy), Bentuk (Format), Kemudahan Pengguna (Ease to Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness) sebagai variabel independen dan kepuasan sebagai variabel dependen. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan, Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna sistem keagenan perisai sebesar 24,5% merasa sangat setuju, 58,0%  merasa setuju, 14,0%  merasa cukup, 3,5% merasa tidak  setuju, dan 0,1% merasa sangat tidak setuju. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan atau rekomendasi kepada pihak pengelola Sistem Keagenan Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang dalam memperbaiki dan meningkatkan kepuasan pengguna.

Article Details

How to Cite
Pranita, M., Zulfikar, D., & Gunawan, C. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang). JUSIFO, 5(2), 91-104. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5191
Section
Artikel

References

Anonim. (2017). BPJS Ketenagakerjaan. Retrieved February 6, 2020, from https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/sejarah.html
Dalimunthe, N., & Ismiati, C. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog (OPAC) Dengan Metode EUCS (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 1–5.
Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12(2), 259–274.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: UNDIP.
Nurhasanah, S. (2016). Praktikum Statistika 2 untuk Ekonomi dan Bisnis Aplikasi dengan Ms. Excel dan SPSS. Jakarta: Salemba Empat.
Sanusi, A. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.