Analisis Kualitas Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) Menggunakan Model McCall

Main Article Content

Perni Bunga Lestari Dian Hafidh Zulfikar Catur Eri Gunawan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas dari Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH). SIDALIH merupakan alat bantu penyusunan data pemilih yang terhubung dengan internet yang ada di KPU. Dalam penelitian ini digunakan model McCall dimana dalam menganalisis kualitas SIDALIH didasarkan dari 5 faktor yang ada di product operation yaitu correctness, reliability, efficiency, integrity, usability. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kualitas dari SIDALIH menggunakan metode McCall berdasarkan aspek product operation. Hasil dari penelitian ini berupa hasil presentase dari penyebaran kuesioner yang dapat menjadi masukkan atau rekomendasi dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistemnya. Setelah dilakukan penyebaran kuesioner serta perhitungan menggunakan model McCall setiap variabel maka didapat total nilai kualitas dari SIDALIH yaitu sebesar 69% yang termasuk dalam kategori baik. Untuk faktor Usability menjadi kategori terendah dengan nilai persentase sebesar 75,3%, sedangkan faktor Reliability menjadi faktor dengan kategori tertinggi dengan persentase sebesar 94,6%.

Article Details

How to Cite
Lestari, P., Zulfikar, D., & Gunawan, C. (2020). Analisis Kualitas Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) Menggunakan Model McCall. JUSIFO, 6(1), 1-14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i1.5526
Section
Artikel

References

Andriansyah, Doni. 2017. “Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Event Management Menggunakan Standard ISO 9126-1 | - STMIK Nusa Mandiri Jakarta | Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.” Retrieved September 10, 2019 (http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1450).
Indrajit, Richardus Eko. 2012. “(PDF) Kriteria Penjamin Kualitas Software | Richardus Eko Indrajit-Academia.Edu.” Retrieved September 10, 2019 (https://www.academia.edu/14332123/Kriteria_Penjamin_Kualitas_Software).
Khairullah, Khairullah, Bambang Soedijono, and Hanif Al Fatta. 2017. “Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Inventaris Aset Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Metode McCall.” Informasi Interaktif 2(2):84–92.
Mustofa, Alizar and Sitaresmi Wahyu Handani. 2017. “Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Tata Kelola Keuangan Kantor Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Menggunakan Framework COBIT 5.0 Pada Domain MEA (Monitor, Evaluate, And Assess).” Probisnis 10(2).
Sugiyono, Dr. 2010. “Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sutanti, Asih. 2016. “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Informasi Hotel Berbasis Standard ISO 9126 | Sutanti | MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika.” Retrieved September 10, 2019
Yurindra. 2017. “Software Engineering - Pendekatan Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak Pendekatan Proses Kematangan & Penilaian Perangkat Lunak.” Retrieved September 10, 2019