Author Guidelines

Format Penulisan Artikel di JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi)

Ketentuan Umum

    Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan.
    Artikel termasuk dalam bidang: Artikel termasuk dalam bidang: Information System Audit, Software Engineering, Decision Support System, Artificial Intelligence, Application of Information Technology, Social Informatics.

Sistematika Penulisan

    Artikel terdiri dari 7-10 halaman, diketik dengan spasi 1 dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 11 dan menggunakan catatan badan (body note). Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik.
    Susunan artikel terdiri dari: Judul (Bahasa dan English), Nama Penulis, Abstrak (Bahasa dan English), Kata Kunci (maksimal 5), Pendahuluan, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima kasih (optional) dan Daftar Pustaka.
    Ketentuan Penulisan Artikel:
    1) Judul artikel terdiri dari 10-20 kata dan harus dituliskan secara singkat dan jelas.
    2) Nama Penulis ditulis tanpa gelar, disertai nama lengkap dan alamat institusi, beserta email korespondensi.
    3) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan inggris, terdiri dari 100-250 kata dan memuat tentang tujuan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan.
    4) Kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, maksimal 5 kata dan dipisahkan dengan titik koma (;).
    5) Pendahuluan berisi kondisi atau masalah yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan penelitian, data-data yang mendukung penelitian dari paper-paper yang lain. harus disampaikan state of the art dan gap analysis serta paragraph terakhir berisi tujuan penelitian (tidak memuat tinjauan teori).
    6) Metodologi Penelitian menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Meliputi alat, bahan dan metode yang digunakan dalam pemecahan masalah.
    7) Hasil dan Pembahasan menjelaskan tentang hasil atau luaran penelitian yang membahas tentang perbedaan antara hasil dengan teoritis ataupun dengan penelitian lain yang relevan. Penjelasan dapat menggunakan tabel, gambar dan chart yang memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel.
    8) Kesimpulan ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi kesimpulan hasil penelitian dan rekomendasi dari hasil penelitian.
    9) Daftar Pustaka dan sitasi ditulis berdasarkan model APA 6th (American Psychological Association yang ke enam). Penulisan daftar pustaka dan sitasi harus menggunakan software reference manager (e.g. Mendeley) untuk memudahkan dalam editing dan review.