Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Lima Palembang Pada Anak Usia SD Sebagai Upaya Pencegahan “Lost Generation”

  • Khairil Candra Wijaya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Al Ihawana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ines Tasya Jadiddah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Karakter Religius, Lima Simbol Adat Semende, Lost Generation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Implementasi lima pelambang adat semende dalam menumbuhkan karater pada anak usia SD di desa batu surau kec semende darat tengah Kab Muara Enim (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penanaman pendidikan karakter melalui lima pelambang adat semende pada anak usia SD di Desa Batu Surau Kec. Semende Darat Tengah Kab. Muara Enim. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif teknik pengumpulan data penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :(1) penanaman lima pelambang adat semende dalam menumbuhkan karakter religius pada anak usia SD Desa Batu Surau sebagai upaya pencegahan lost generation dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, dengan adanya penanaman lima pelambang adat semende dapat menanamkan pendidikan karakter religius dan mencegah terjadinya lost generation. Faktor yang mempengaruhi penanaman pendidikan karakter religius di desa batu surau sebagai upaya pencegahan lost generation faktor pendukung dan dan pengahambat adalah (1) masih adanya Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) yang aktip, penamaman nilai-nilai lima pelambang adat sebagai pedoman atau nasehat yang erat dalam keluarga,banyaknya anak SD yang melanjutkan ke pondok pesantren sedangkan faktor penghambat adalah: adanya HAM di sekolah, pengaruh sosial handphone, dan kurangnya dorongan orang tua kepada anak dalam belajar.

References

Ahmad Syaikhudin. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter”, Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 1 No.

Aunillah,Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana

Cahyo,E. D. 2017. (Pendidikan Karakter Guna Menaggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edu Humaniora:Jurnal pendidikan Dasar.

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Indonesia. Jakarta :Pustaka Pelajar.

Farkhani. 2019. Penganatar Ilmu Hukum. Stain Salatiga Press. Salatiga

Hilman Hadikuma. 2002. Mengantar Ilmu Hukum Adat Indonesia Maju. Bandung

Humaniora. 2002. (Bandung: Remaja Rosdakarya), Cet. I

Hasbullah. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo

Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

La Adu. 2014. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Biology science & Education. Vol. 3

Muhammad Mushfi El Iq Bali. 2018. Pendidikan Agama Islam. Probolinggo: PustakaNurja

Nusantara. 2015. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter.jurnal Pendidikan Karakter.

Salin Munir. 2015. Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar

Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Published
28-06-2023