Analisis Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi dan Transisi Studi Multisitus SD 107 dan SD 184 Palembang

  • karen diva Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tutut Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tastin Tastin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Miftahul Husni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Evaluasi, Pembelajaran New Normal, Pelaksanaan, Perencanaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu, (2) pelaksanaan dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu, (3) evaluasi guru dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pada new normal sudah cukup baik, dalam perencanaannya Guru sudah menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP, Prota, Prosem, materi ajar, dan rincian minggu efektif sesuai kurikulum yang diterapkan yaitu K-13. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada new normal sudah baik, dalam pembelajarannya sudah kembali normal seperti biasa, kegiatan pembelajarannya berjalan dengan baik, guru menyampaikan materi secara teratur berdasarkan RPP yang dibuat, dimana guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran secara baik yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup menggunakan metode pembelajaran yaitu metode ceramah, penugasan, tanya jawab dan diskusi. (3) Evaluasi guru dalam pembelajaran new normal sudah cukup baik, dalam pengevaluasiannya guru menggunakan dua jenis evaluasi yaitu: tes dan nontes. Tes yang digunakan yaitu tes formatif dengan melakukan penilaian tengah semester (PTS) dan tes sumatif dengan melakukan penilaian akhir semester (PAS) dilaksanakan secara tertulis berupa soal sedangkan nontes yaitu melakukan penilaian pengamatan sistematis terhadap sikap, minat dan keterampilan siswa pada pembelajaran.

References

Anwar, Kasful dan Hendra Harmi. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta

Hakim, Lukman. (2016). ‘Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 2 No.1. (http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575)

Hamlik, Oemar. (1995). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, Amir, Dkk. (2022). ‘Implementasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Masa Pandemi Covid 19’, Jurnal Cendikia, Volume 14 Nomor 01. (https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/261)

Dewi, Wahyu, Aji Fatma. (2020). ‘Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar’. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2. No.1. (https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89)

Mulsaya, E. (2008). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meleong, Lexy J. (2008). Metode Pendekatan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Putra, Andika Chandra. (2020). Seri 3 Covid-19 & New Normal, ed. by Sarah Fitriani. Jakarta: Guepedia.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. (2003). Metode Pendidikan Kompetensi Dan Praktisnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwandayani, Beti, Istanti, Dkk. (2021). ‘Analysis Of Planning , Implementation , Assessment Of Learning From Home Strategies During The Covid-19 Pandemic In Private Elementary Schools’, Volume 13 Nomor 1 (https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.623)

Usman, Moh. Uzer. (1996). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
28-06-2023