Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMA Negeri 2 Sungai Keruh Musi Banyuasin

  • Gita Arlia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Guru PAI, Penanaman Nilai Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter siswa di SMA 02 Sungai keruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI SMA 02 Sungai Keruh. Pendekatan yang digunakan dengan pendekatan fenomenologi, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan analisis data yang bersifat deskriptif analitik untuk mendapatkan data yang mendalam yaitu suatu data mengandung makna. Berdasarkan hasil temuan melalui pengolahan data observasi, wawancara, dokumentasi serta hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa peranan guru PAI dalam menanamkan nilai nilai karakter siswa di SMAN 02 Sungai keruh terlaksana dengan cukup efektif. Nilai karakter yang selalu ingin ditimbul pada diri siswa adalah karakter religius, jujur, mandiri, disiplin, rasa ingin tahu, toleransi dan tanggung jawab. Secara keseluruhan guru telah menanamkan pendidikan karakter kepada siswanya baik itu guru sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, penasehat pelatih dan pengevaluasi. Sedangkan karakter yang terbentuk pada diri siswa masih harus terus dipantau perkembangannya dikarenakan siswa masih terpengaruh oleh lingkungan diluar sekolah dan siswa masih suka menghiraukan perintah atau arahan yang diberikan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Published
30-12-2018
How to Cite
Arlia, Gita. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMA Negeri 2 Sungai Keruh Musi Banyuasin”. Muaddib: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (December 30, 2018): 1-16. Accessed June 20, 2019. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/muaddib/article/view/3040.
Section
Articles