Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam

  • Zelvi Fitriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Strategi, Guru, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk: 1) mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan minat membaca dan menghafal Alquran pada siswa  di SDN 31 Pagaralam, 2) mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan minat membaca dan menghafal Alquran pada siswa di SDN 31 Pagaralam. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Informan penelitan adalah Kepala Sekolah, Guru PAI serta Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan minat membaca dan menghafal Alquran pada siswa di SDN 31 Pagaralam yaitu menciptakan pembelajaran yang nyaman ketika kegiatan BTA berlangsung, memberikan motivasi kepada anak berupa penjelasan dan pengertian betapa pentingnya menghafal dan membaca Alquran untuk mereka terlebih untuk kehidupan mereka di dunia maupun di akhirat, memberikan target hafalan, melalui pembiasaan, pemberian nilai, dan terakhir pemberian penghargaan, 2) Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan minat membaca dan menghafal Alquran pada siswa yaitu, peserta didik itu sendiri, peran seorang guru, fasilitas memadai, terdapat juga faktor penghambat yaitu kurangnya alokasi waktu, kurangnya kesadaran orangtua, kemudian pengaruh negatif teknologi.  
Published
31-12-2018
How to Cite
Fitriani, Zelvi. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam”. Muaddib: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (December 31, 2018): 53-62. Accessed June 20, 2019. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/muaddib/article/view/3045.
Section
Articles