PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN POTONGAN AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG

  • Ruri Septia Ningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Fajri Ismail UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
  • Muhammad Fauzi UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
Keywords: Metode Kauny Quantum Memori, Hafalan Ayat

Abstract

Metode Kauny Quantum Memori dapat menjadi ragam baru bagi pengembangan metode menghafal dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena metode ini mneyenangkan, sehingga tidak membuat siswa merasa tertekan dalam menghafal potongan ayat Al-Qur’an yang ada pada mata pelajaran Fiqih. Melihat fenomena yang terjadi di MA Al-Fatah Palembang, metode menghafal siswa masih dengan cara lama, sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengahafal potongan ayat Al-Qur’an yang ada di mata peljaaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningakatknya hafalan potongan ayat Al-Qur’an siswa dengan metode Kauny Quantum Memori pada materi hudud Mata pelajaran Fiqih kelas XI.IIS.1 MA Al-Fatah Palembang. Populasi dari penelitian ini seluruh kelas XI tahun ajaran 2018/2019 128 siswa, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak atau menggunakan teknik Random Sampling yaitu kelas XI.IIS.1 jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental design dengan bentuk One-Group Pretest-postets design, teknik pengumpulan data dilakukkan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukkan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kauny quantum memori sudah berjalan dengan baik dari setiap pelaksanaan. Hasil hafalan siswa juga tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus statistik test “t”  ternyata ada perbedaan yang signifikan setelah diterapkannya metode Kauny Quantum Memori dalam meningkatkan hafalan potogan ayat Al-Qur’an materi hudud mata pelajaran Fiqih MA Al-Fatah Palembang, setelah diketahui nilai uji “t”  diperoleh hasil sebesar 3,13 setelah dikonsultasikkan dengan nilai tt.ts.5% 2,05 tt.ts.10%   2,76, ternyata diketahui bahwa hasil thitung lebih besar dari ttabel.
Published
16-04-2019
How to Cite
Ningsih, R., Ismail, F., & Fauzi, M. (2019). PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN POTONGAN AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 197-208. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3244