EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS KELOMPOK BERMAIN PADA PAUD BON THORIF PALEMBANG

Amilda Amilda

Abstract


Efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif. Hal tersebut dilakukan dengan 1). Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, 2). melakukan pengaturan sedemikian rupa pada waktu untuk melakukan aktivitas bagi anak ini dilakukan dengan pertimbangan fleksibelitas dan mengacu pada karakteristik anak, 3). Mengatur Ruang Kelas, dengan cara mengatur ruang kelas, posisi duduk, pengaturan perabot dan alat permainan, serta membagi ruangan.

Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang adalah 1). Lingkungan fisik yang tidak mendukung, Seperti: kondisi kelas yang gaduh karena aktivitas anak seperti megobrol, berselisih, berteriak dan lain sebagainya sehingga mengganggu aktivitas belajar dikelas, b). Terdapat anak tidak bisa tenang seperti berlari-lari di dalam kelas, dan anak-anak lainnya tampak berkeluyuran tanpa tujuan, c). Ruangan kelas yang kacau balau akibat aktivitas anak, d). Penempatan perabot yang tidak mempertimbangkan penggunaan oleh anak sehingga  mengganggu aktivitas anak lainnya, 2) Lingkungan fisik yang mendukung seperti: Hasil pekerjaan anak-anak dipajangkan, tumbuhan hijau yang sehat di seluruh ruangan, poster berwarna-warni di dinding, dan gorden baru di jendela, ruangan diatur dalam area aktivitas yang berbeda, terdengar senandung berbicara dan tertawa, tetapi tidak ada teriakan, anak-anak sedang mengerjakan beberapa aktivitas yang diatur oleh para guru, material disimpan di atas rak terbuka yang rendah, dan anak-anak dapat menjangkaunya dengan mudah, fasilitas dan peralatan ditempatkan berdekatan dengan aktivitas yang akan dilakukan anak seperti kran air, ember, dan spons, anak-anak tampaknya benar-benar menikmati kegiatan pembelajarn dengan senang dan gembira, serta peran guru tampat sebagai fasilitator dan pembimbing dimana guru berupaya menasihati anak-anak dari suatu perubahan aktivitas ke bentuk aktivitas lainnya yang dirancang.

Dengan demikian maka secara komprehensif dapat dikemukakan bahwa efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dengan cara melakukan perencanaan dengan mempertimbangkan karakteristik dan perkembangan anak.

Keywords


Manajemen Kelas, PAUD Bon Thorif

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini



Creative Commons License
Raudhatul Athfal by http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.