PARADIGMA HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI

Indah Wigati, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Humanisme dalam pendidikan Islam  merupakan proses humanisasi yang memperhatikan keunikan yang ada pada diri manusia. Karena keunikan manusia itu, dapat dibangun basis fundamental pembelajaran anak. Dengan demikian pendidikan Islam dituntut untuk dapat memperhatikan keunikan yang ada pada anak tersebut sehingga akan menjadikan pendidikan Islam lebih bermakna karena mempertimbangkan kondisi personal anak secara menyeluruh. Anak usia dini memiliki motivasi diri yang dimilikinya sejak lahir untuk menjadi mampu. Motivasi berkemampuan inilah yang kemudian dipandang sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang berepusat pada anak, dengan menghargai seluruh proses perkembangan yang dimiliki oleh anak dan berkembang sesuai dengan ritme yang dimiliki masing-masing anak, dengan menciptakan lingkungan dan menyediakan peralatan yang menyediakan kesempatan pada anak untuk belajar dan berkembang.

Keywords


Humanisme, Pendidikan Islam, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini



Creative Commons License
Raudhatul Athfal by http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.