PENINGKATAN PERILAKU ANTI KORUPSI MELALUI METODE STORY TELLING

  • Dwi Puji Lestari Sekolah Tinggi Agama Islam Al Aqidah Al Hasyimiah Jakarta
Keywords: Peril aku Anti Korupsi, Metode Story Telling dan Penelitian Tindakan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengambarkan proses penerapan metode story telling untuk meningkatkan perilaku anti korupsi pada TK B A Zahra Kabayoran Baru Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelasĀ  mengunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah TK B Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan yang berjumlah 16 anak yang terdiri adari 6 perempuan dan 10 laki-laki. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; 4) Refleksi. Analisa data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatifnya mengunakan model Miles and Hubberman. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil akhir dari analisa data menunjukan peningkatan sebanyak pada siklus II 88,05% dari pra siklus sebanyak 41,23% sampai pada siklus I 72,23% Kata Kunci: Perilaku Anti Korupsi, Metode Story Telling dan Penelitian Tindakan

References

Arbain, Muhammad dan Amirullah Syarbini. 2014. Pendidikan Anti Korupsi: konsep, strategi dan implementasi pendidikan anti korupsi di sekolah/madrasah. Bandung: Alfabeta.
Claire, Jeninng Children as Story-Tellers. 2005. Developing Language Skills in the Classroom, alih bahasa oleh Haniah. Melbourne: Oxford University Press.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Bogor: Ghalia Indonesia.
Edwi, Nugrohadi G, Haryanto Dany, Pengantar Sosiologi Dasar (Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2011) h. 83.
Kak Mal. 2008. The Power Of Story Telling, Depok: Metro Media.
Kamil ,Sukron et al. 2013. Korupsi dan Integritas dalam Ragam Perspektif, Jakarta: PSIA.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Nurani, Sujiono Yuliani dkk. 2004. Metode Pengembangan Kognitif Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurdin. 2014. Muhammad Pendidikan Anti Korupsi; Strategi Internalisasi nilai- nilai Islami dalam menumbuhkan kesadaran anti korupsi, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sadulloh, U. dkk. 2012. Pedagogik (Ilmu Mendidik), Bandung: Alfabeta.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika.
Semiawan, Cony. 2007. Landasan Pembelajaran dalam Perkembangan Manusia Jakarta: Center For Human capacity Development.
Soekidjo, Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Rahayu, Aprianti Yovita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Bercerita, Jakarta: Indeks.
Published
29-06-2018
How to Cite
Lestari, D. (2018). PENINGKATAN PERILAKU ANTI KORUPSI MELALUI METODE STORY TELLING. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 95-105. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2238