PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD

  • Indah Dwi Sartika Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Keywords: kemampuan pengenalan konsepbilangan, bulletin board,penelitian tindakan

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil dalam meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan anak kelompok A PAUD Wesley Mandiri, Lampung Utara melalui penerapan media bulletin board. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Taggart, yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Wesley Mandiri yang berjumlah 12 orang anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan anak-anak mengalami peningkatan setelah diterapkan media bulletin board. Skor kemampuan membaca permulaan anak pada pra siklus sebesar 31,75, siklus I sebesar 40,33, dan siklus II sebesar 47,33. Hasil tersebut memberikan implisasi bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan dapat ditingkatkan melalui media bulletin board.   Kata Kunci: kemampuan pengenalan konsep bilangan, bulletin board, penelitian tindakan

References

Carol Seefeldt dan Barbara A, Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini, Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks.
Carruthers, Elizabeth and Maulfry Worthington. 2011. Understanding Children’s Mathematical Graphics Beginnings In Play. USA: Mc-Graw-Hill.
Cooke, Heather. 2007. Mathematics For Primary And Early Years. London: Sage Publication.
Geoffrey E. Mills. 2003. Action Research: A Guide For The Teacher Researcger.New Jersey: Person Education.
Gravois, Michael. 20 Totally Awesome & Totally Easy Language Arts Bulletin Board. USA: Scholastic Teaching Resources. 2003.
Gulcin Guven. 2013. “Investigation of Number and Operation Skills of Children Attending Preschool Education”. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, Volume 3, Issue 1, Article
03.
Indriana, Dina.2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Kemmis, Stephen dan Robin Mc Taggart. The Action Research Planner. Australia: Deakin University. 1990.
Kennedy, Leonard M, Steve Tipps, Art Johnson. 2008.Guiding Children’s Learning of Mathematics Eleventh Edition. USA: Thomson.
Lu Chung Chin and Effandi Zakaria. 2015 “Understanding of Number Concepts and Number Operations through Games in Early Mathematics Education”.Creative Education.
Marja van den Heuvel-Panhuizen, Sylvia van den Boogaard, and Brian Doig. 2009. Picture Books Stimulate the Learning ofMthematics.Australasian Journal of Eraly Childhood, Volume 34, Number 2.
Mattew B Milles dan A Michal Hubermen.1992. Analisis data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.
Parker, Elizabeth dan Curriculum Committee. Teachers Study Use of Bulletin Board. Educational Leadership, March 1959.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Riyana, Cece. 2009 .Meida Pembelajaran. Jakarta: Direktorat pendidikan islam.
Sandra M. Linder, Beth Powers-Costello, and Dolores A. 1993. Playing a Kids Curriculum. United State of Amerika: Good Year Book.
Sandra M. Linder, Beth Powers-Costello, and Dolores A. Stegelin. 2011. “Mathematics in Early Childhood: Researc
h-Based Ratinale and Practical Strategies”. Early Childhood Education Journal.Stein, Donna L. Bulletin Board Basics. the Journal of continuing education in nursing. vol 40, no 10.October, 2009.
Zainal Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama.
Published
20-12-2018
How to Cite
Sartika, I. D. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 16-32. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2844