MENCARI ARAH BARU PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA KONSEP FITRAH MANUSIA

  • muhtarom muhtarom Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Arah Baru, Pendidikan Islam, Orientasi, Fitrah Manusia

Abstract

Konsep memanusiakan manusia dalam pendidikan sudah bergulir sejak lama, namun pemikiran tersebut perlu ditegakkan, dikembangkan dan diaktualisasikan lagi, terutama dalam dunia pendidikan Islam yang nampaknya masih jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Jadi, pendidikan Islam sebagai basis pengembangan fitrah manusia merupakan sebuah upaya perwujudan dari proses pengejawantahan pendidikan Islam dengan basis Fitrah hal ini merupakan ikhtiar sebagai pencarian arah baru pengembangan pendidikan. Salah. Dalam pandangan penulis, cukup menarik kiranya persoalan ini untuk ditulis  karna pandangan tentang konsep fitrah manusia dan pendidikan meliputi : Pengakuan terhadap keberadaan fitrah manusia, menjadikan pendidikan sebagai media pembentukan manusia seutuhnya, dan pembebasan sebagai tujuan pendidikan, memandang peserta didik sebagai makhluk yang memiliki potensi untuk memahami diri sendiri menurut kodratnya, dan sama-sama Me-landing-kan konseptualisasi dasar perjuangannya bagi upaya membebaskan manusia.

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, Muhamad.2000. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.
Arifin, Zainul, “Islam dan Humanisme ; Upaya Sintesa Dialektis Antara Perspektif Sekuler dan Agama Tentang Otoritas Manusia Dalam Tatanan Kosmik Transendental” dalam Jurnal STAIN Malang, Edisi 6, Malang,
Ahmad sudiarja. 2006. Filsafat Pendidikan; Siapa Masih Peduli?, Majalah BASIS Nomor 03-04 Tahun Ke-55, Maret-April 2006 dalam tema “Siapa Peduli Filsafat Pendidikan?”,Yogyakarta.
Baharudin Moh. 2007. Makin, Pendidikan Humanistik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Bekker, Anton dan Zubair, Choris Ahmad. 1990. Metode Penelitian FilsafFat. Yogyakarta: Kanisius, 1990
Best, John W. 1982. Research in Education, Penyunting, Drs. Sanapiah, Farsil dan Drs. Mulyadi Guntur Waseso, Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Boisard, Marcel A. 1980. Humanisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakartaraja Grafindo Persada,
Fajar, Malik. 1999. Reorientasi Penidikan Islam, Jakarta : Fajar Dunia.
Firdaus M. Yunus. 2004. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Furkhan, Arif, MA, Ph.D, dan Maimun, Agus MA. 2005. Studi Tokoh; MetodePenelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Hadjar, Ibnu. 1996. Dasar-Dasar Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ismail Raji Alfaruqi, Raji, Ismail. 1995. Tauhid; Its Implications For Thought And Life” terj Rahman Astuti. Bandung; Penerbit Pustaka.
Ismail SM. 1999. Paradigma Pendidikan Islam Muhammad Naquib Al Attas’ dalam Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Tokoh Klasik Dan Kontemporer. Yogyakarta, Penerbit Pustaka Pelajar bekerjasama dengan Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Komaruddin. 1984. Kamus Research. Bandung: Angkasa.
Mas’ud, Abdurrahman. 2004. Intelektual Pesantren; Perhelatan Agama Dan Tradisi, Jogjakarta, Lkis.
_____, 1996. yang dikutip dari Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam pesspektif Islam. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
_______, 2006. Dari Haramain Ke Nusantara ; Jejak Intelektual Arsitek Pesantren. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
_______, ”Menuju Paradigma Islam Humanis” (Yogyakarta, Gama Media, 2003)
_______, Humanisme Antara Islam Dan Madzhab Barat, terj Afif Muhammad, Bandung; Pustaka Hidayah, 1996
_______, Kritik Islam Atas Marxisme Dan Sesat Pikir Barat Lainnya, (Bandung,Penerbit Mizan, 2005),
_______, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik, (Yogyakarta; Gama Media, 2002.)
_______. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik. Humanisme ReligiusSebagai Paradigma Pendidikan Islam.
Muhadjir, Noeng. 1992. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulkhan, Abdul Munir Kearifan Tradisional. 2000. Agama Bagi MAnusia atau Tuhan. Yogyakarta: UII Press.
_______, 2002. Nalar Spiritual: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
_______, 1994. Paradigma Intelektual Muslim. Yogyakarta:Sipress.
_______, 1995. Teologi Kebudayaan dan Demokrasi Modernitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_______, 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantrendalam Religiutas Iptek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_______,, 2002. Nalar Spiritual: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
________, 2000 Kearifan Tradisional, Agama Bagi MAnusia atau Tuhan. Yogyakarta: UII Press.
_________, 1994. Paradigma Intelektual Muslim. Yogyakarta: Sipress.
________, 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren dalam Religiutas Iptek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
M. Dimyati Mahmud. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Matt Jarvis. 2007. Teori-Teori Psikologi. Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku, Perasaan, dan Pikiran Manusia. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Moh. Hanif Dhakiri, Paulo Freire. 2000. Islam dan Pembebasan. Jakarta: Djambatan bekerjasama dengan PENA.
Nazir, Moh. 1990. Metode Penenlitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngalim Purwanto. 2002. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim, M. 2002. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Samsul Ma’arif, Samsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Jogjakarta; Graha Ilmu.
Syariati, Ali. 1996. Humanisme Antara Islam Dan Madhab Barat, Terj Afif Muhammad. Bandung: Pustaka Hidayah.
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2009. Landasan Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja rafindo Persada.
Syeikh Manshur Ali Nashif, Al-Taj al-Jami’ li al-Ushul fi al-Hadist al-Rasul, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turast al-Araby, 1961 M – 1381 H).
Tresna Sastrawijaya. 1998. Proses Belajar Mengajar Diperguruan Tinggi. Jakarta
Hasbi As Shiddiqi, dkk. 1997. Al Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama.
Zahara, Idris. 1992. Pengantar Pendidikan Islam, Jakarta,Grasindo.
Published
25-06-2019
How to Cite
muhtarom, muhtarom. (2019). MENCARI ARAH BARU PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERORIENTASI PADA KONSEP FITRAH MANUSIA. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 83-98. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3382