http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/issue/feed Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2017-10-12T12:11:34+00:00 Dr. Leny Marlina, M.Pd.I lenymarlina_uin@radenfatah.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Raudhatul Athfal (<a title="ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1500565090" target="_blank" rel="noopener">ISSN: 2581-2793</a>) adalah jurnal yang menerbitkan tulisan hasil penelitian seputar pendidikan anak usia dini. Jurnal Raudhatul Athfal diterbitkan oleh <a href="http://tarbiyah.radenfatah.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.</a></p> http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1473 INTERNALISASI SIKAP KEBERAGAMAAN SEJAK ANAK USIA DINI 2017-10-12T12:11:34+00:00 Ismail Ismail ismailsukardi_uin@radenfatah.ac.id Fahmi Fahmi fahmi_uin@radenfatah.ac.id <em>Anak di usia dini merupakan bagian yang sangat berharga, oleh karena itu diistilahkan dengan masa keemasan (golden age), masa ini tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Tulisan ini membahas mengenai bagaimana internalisasi sikap keberagamaan yang harus kita berikan sejak anak berusia dini (usia 0-6 tahun). Karena dalam usia ini, kita dapat menanamkan nilai-nilai keimanan (tauhid), nilai ibadah dan juga nilai-nilai akhlak. Nilai-nilai tersebut jika diinternalisasikan sejak anak berusia dini, maka akan menjadi bekal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak kelaknya. Karena nilai-nilai tersebut dapat membentuk sikap keberagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai dasar Islam. Pendidikan Islam mampu melahirkan sikap keberagamaan dalam diri anak sejak usia dini, jika diinternalisasikan secara berkelanjutan. Karena pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang menuntut untuk melatih anak didik agar memiliki nilai dan kepribadian yang sesuai dengan tuntutan agama</em> 2017-10-12T12:11:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1463 EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS KELOMPOK BERMAIN PADA PAUD BON THORIF PALEMBANG 2017-10-12T12:11:34+00:00 Amilda Amilda Amilda_uin@radenfatah.ac.id <p><em>E</em><em>fektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif. Hal tersebut dilakukan dengan 1). M</em><em>enciptakan lingkungan belajar yang kondusif, 2). </em><em>melakukan pengaturan sedemikian rupa pada waktu untuk melakukan aktivitas bagi anak ini dilakukan dengan pertimbangan </em><em>fleksibelitas dan mengacu pada karakteristik anak, 3). </em><em>Mengatur Ruang Kelas, dengan cara mengatur ruang kelas, posisi duduk, pengaturan perabot dan alat permainan, serta membagi ruangan.</em></p><p><em>Adapun faktor yang mempengaruhi </em><em>e</em><em>fektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang adalah </em><em>1). Lingkungan fisik yang tid</em><em>a</em><em>k mendukung, </em><em>Seperti: kondisi kelas yang gaduh karena aktivitas anak seperti megobrol, berselisih, berteriak dan lain sebagainya sehingga </em><em>mengganggu aktivitas belajar dikelas, b). Terdapat anak tidak bisa tenang seperti berlari-lari di dalam kelas, dan anak-anak lainnya tampak berkeluyuran tanpa tujuan, c). Ruangan kelas yang kacau balau akibat aktivitas anak, d). Penempatan perabot yang tidak mempertimbangkan penggunaan oleh anak sehingga  mengganggu aktivitas anak lainnya, 2) </em><em>Lingkungan fisik yang mendukung</em><em> seperti: Hasil pekerjaan anak-anak dipajangkan, tumbuhan hijau yang sehat di seluruh ruangan, poster berwarna-warni di dinding, dan gorden baru di jendela, ruangan diatur dalam area aktivitas yang berbeda, terdengar senandung berbicara dan tertawa, tetapi tidak ada teriakan, anak-anak sedang mengerjakan beberapa aktivitas yang diatur oleh para guru, material disimpan di atas rak terbuka yang rendah, dan anak-anak dapat menjangkaunya dengan mudah, fasilitas dan peralatan ditempatkan berdekatan dengan aktivitas yang akan dilakukan anak seperti kran air, ember, dan spons, anak-anak tampaknya benar-benar menikmati kegiatan pembelajarn dengan senang dan gembira, serta peran guru tampat sebagai fasilitator dan pembimbing dimana guru berupaya menasihati anak-anak dari suatu perubahan aktivitas ke bentuk aktivitas lainnya yang dirancang.</em></p><em>Dengan demikian maka secara komprehensif dapat dikemukakan bahwa efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dengan cara melakukan perencanaan dengan mempertimbangkan karakteristik dan perkembangan anak.</em> 2017-10-12T12:11:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1477 PARADIGMA HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI 2017-10-12T12:11:34+00:00 Indah Wigati indahwigati@radenfatah.ac.id Muhtarom Muhtarom muhtarom_uin@radenfatah.ac.id <em>Humanisme dalam pendidikan Islam  merupakan proses humanisasi yang memperhatikan keunikan yang ada pada diri manusia. Karena keunikan manusia itu, dapat dibangun basis fundamental pembelajaran anak. Dengan demikian pendidikan Islam dituntut untuk dapat memperhatikan keunikan yang ada pada anak tersebut sehingga akan menjadikan pendidikan Islam lebih bermakna karena mempertimbangkan kondisi personal anak secara menyeluruh. Anak usia dini memiliki motivasi diri yang dimilikinya sejak lahir untuk menjadi mampu. Motivasi berkemampuan inilah yang kemudian dipandang sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang berepusat pada anak, dengan menghargai seluruh proses perkembangan yang dimiliki oleh anak dan berkembang sesuai dengan ritme yang dimiliki masing-masing anak, dengan menciptakan lingkungan dan menyediakan peralatan yang menyediakan kesempatan pada anak untuk belajar dan berkembang.</em> 2017-10-12T12:11:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1526 PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 2017-10-12T12:11:34+00:00 Sulastri Sulastri effendisulastri@gmail.com Ahmad Tarmizi Ahmad Tarmizi blackberrymonza9@gmail.com <p dir="RTL">الابن الصالح حلم و أمنية كل أم و أب، الصلاح يكون بزرع الأخلاق الحميدة في الطفل منذ سنواته الأولى، و التربية الصلاحة لا تكن بالأوامر و القوانين بل يكتسبها الطفل مما حوله و يراها متجسدة في تصرفات والديه، ثم في البيئة المحيطة به، و في أغلب الحيان تكون طريقة التريبة فطرية بمعنى أن الصح و الخطأ أمور بديهية و لكنها في هذه الأيام أصبحت غير ذلك إذا اختلفت الموازيين اختلفت الآراء حول الصواب و الخطأ، فنجد كثير من الآباء والأمهات يبحثون عن طرق تريبة الأطفال و تنشأتهم تنشأه سوية، لذا نتعرف في الطور التالية على أفضل تلك الطرق و التي قد تكون هي الأنفع و الأصلح لأولدنا. هذه الحالة الوالدين محركا رئيسيا في تحسين إمكانات الأطفال وسيلة لتحفيز وتقديم التسهيلات المختلفة التي تحتاج إليها.</p><pre dir="RTL"> </pre> 2017-10-12T12:11:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489 PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI 2017-10-12T12:11:34+00:00 Herman Zaini hermanzaini@radenatah.ac.id Kurnia Dewi kurnia_uin@radenfatah.ac.id <em>Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak usia dini baik aspek nilai moral dan agama, aspek fisik motorik, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek kognitif maupun aspek seni. Dalam mesntimulasi aspek perkembangan anak usia dini harus disesuaikan dengan usia dan tahapan perkembanganya karena setiap anak walaupun memiliki usia yang sama tapi terkadang memiliki tahap perkembangan yang berbeda. Untuk merangsang semua aspek perkembangan anak usia dini tidak bisa lepas dari media pembelajaran karena bagi anak usia dini belajar dilakukan melalui bermain dengan menggunakan media pembelajaran baik media nyata, media audio, media visual, media lingkungan sekitar maupun media audio visual, sehingga kegiatan pembelajaran pada anak usia dini berjalan secara efektif</em> 2017-10-12T12:11:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1522 PERKEMBANGAN JASMANI DAN KESEHATANNYA BAGI ANAK USIA DINI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA 2017-10-12T12:11:34+00:00 Tastin Tastin tastin@radenfatah.ac.id Ali Murtopo alimurtopo_uin@radenfatah.ac.id Keluarga merupakan buaian tempat anak usia dini melihat cahaya kehidupan untuk pertama kalinya. Anak usia dini merupakan masa dimana anak akan tumbuh dan berkembang secara pesat apabila dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Tumbuh kembang jasmani mesti dibarengi dengan kesehatan yang memadai. 2017-10-12T12:11:34+00:00 ##submission.copyrightStatement##