http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/issue/feed Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2018-06-28T17:08:47+00:00 Dr. Leny Marlina, M.Pd.I lenymarlina_uin@radenfatah.ac.id Open Journal Systems <p>Raudhatul Athfal <a href="http://u.lipi.go.id/1500565090">ISSN: 2581-2793</a> adalah jurnal yang menerbitkan tulisan hasil penelitian seputar pendidikan anak usia dini. Jurnal Raudhatul Athfal diterbitkan oleh <a href="http://tarbiyah.radenfatah.ac.id/">Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.</a></p> http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/2235 DAMPAK PENGASUHAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK 2018-06-28T17:08:47+00:00 Elsa Cindrya elsacindrya@radenfatah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan&nbsp; untuk : (1) Mendeskripsikan konsep pengasuhan yang diterapkan pada anak usia dini, (2) Mendeskripsikan dampak pengasuhan pada perkembangan anak usia dini, (3) Mendeskripsikan dampak pengasuhan terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Subjek Penelitian anak usia dini yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan pembuatan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk pengasuhan anak yang diterapkan orang tua mayoritas menggunakan gaya didikan yang keras dan pemaksaan yaitu <em>Incubator “Hothouse” Parenting</em>, (2) Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma kehidupan</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>pengasuhan, sosial, anak usia dini</p> 2018-06-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/2234 PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DI TK ANNISA 2018-06-28T17:08:47+00:00 Izza Fitri izzafitri@radenfatah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran <em>practical life</em> kelompok A di TK Annisa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A TK Annisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: dengan teknik observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemampuan kemandirian anak mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak melalui pembelajaran <em>practical life</em> dapat meningkat. Peningkatan kemandirian pada anak pra tindakan diperoleh nilai rerata 75,50% dengan persentase 55.45%, pada siklus I diperoleh rerata 96.58% dengan persentase 72.88%, pada siklus II diperoleh rerata 79,00% dengan persentase 83.66%. Pembelajaran <em>practical life</em> dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemandirian anak TK kelompok A usia 4-5 tahun.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: kemandirian, <em>practical life</em>, taman kanak-kanak usia 4-5 tahun</p> 2018-06-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/2233 PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF 2018-06-28T17:08:47+00:00 lidia oktamarina lidiaoktamaina@radenfatah.ac.id <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui bermain konstruktif yang dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B RA Nurul Huda Tahun 2017. Subyek penelitian ini yaitu 10 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain konstruktif, dibuktikan dengan rata-rata skor kreativitas pada pra-intervensi sebesar 33, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 51 &nbsp;dan siklus kedua sebesar 71.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kreativitas, bermain konstruktif, penelitian tindakan</p> 2018-09-24T01:28:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/2236 PENGEMBANGAN BUKU PERCOBAAN SAINS SEDERHANA BERBASIS KARAKTER UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN 2018-06-28T17:08:47+00:00 Qorina Widadiyah qorinawidadiyah@gmail.com <p>Pengembangan buku percobaan sains sederhana merupakan salah satu&nbsp; buku dengan guna membantu anak dalam kegiatan bermainnya. Percobaan sains anak usia 5-6 tahun ini diteliti sebagai upaya untuk membiasakan anak bekerja keras untuk memperoleh pengetahuan. Melalui buku percobaan sains ini, diharapkan dapat menembangkan karakter anak usia 5-6 tahun. Buku yang dapat mendukung proses kegiatan bermain anak ini memiliki pokok bahasan warna dan perubahannya. Tujuan dari peneltian ini adalah mengembangkan buku percobaan sains sederhana pokok bahasan warna dan perubahannya dengan objek penelitin anak usia 5-6 tahun.</p> <p>Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah <em>R</em><em>e</em><em>s</em><em>e</em><em>r</em><em>c</em><em>h and Development</em>.</p> <p>Hasil dari penelitian buku percobaan sains sederhana memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli media mencapai 95%, ahli mata pelajaran mencapai 92,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 97,2%, hasil belajar &nbsp;anak rata-rata nilai <em>pre-test &nbsp;</em>61,93&nbsp; dan&nbsp; nilai <em>post-test &nbsp;</em>86,5. &nbsp;Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4, 493 ≥ 1,071 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku percobaan sains sederhana yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku percobaan sains sederhana layak digunakan dalam kegiatan bermain.</p> <p><strong>Kata&nbsp; &nbsp;Kunci:&nbsp; &nbsp;</strong>pengembangan, buku, percobaan sains sederhana, pendidikan karakter, anak usia 5-6 tahun<em>.</em></p> 2018-06-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/2237 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE QUANTUM TEACHING 2018-06-28T17:08:47+00:00 Renti Aprisyah rentiaprisyah@gmail.com <p>Penelitian ini memecahkan masalah pada rendahnya kemampuan menggambar anak B1 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu melalui metode <em>Quantum Teaching</em>, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah anak B1 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu yang berjumlah 19 orang anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan portofolio. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode <em>quantum teaching</em> dapat meningkatkan kemampuan menggambar anak. Pada siklus I rata-rata kemampuan menggambar anak adalah 53% dan pada siklus 2 rata-rata kemampuan menggambar anak meningkat menjadi 76%.</p> <p>Kata kunci: Menggambar, Metode <em>Quantum Teaching</em></p> 2018-06-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/2238 PENINGKATAN PERILAKU ANTI KORUPSI MELALUI METODE STORY TELLING 2018-06-28T17:08:47+00:00 Dwi Puji Lestari dwipujilestari@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengambarkan proses penerapan metode <em>story telling </em>untuk meningkatkan perilaku anti korupsi pada TK B A Zahra Kabayoran Baru Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelas&nbsp; mengunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah TK B Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan yang berjumlah 16 anak yang terdiri adari 6 perempuan dan 10 laki-laki. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; 4) Refleksi. Analisa data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatifnya mengunakan model Miles and Hubberman. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil akhir dari analisa data menunjukan peningkatan sebanyak pada siklus II 88,05% dari pra siklus sebanyak 41,23% sampai pada siklus I 72,23%</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Perilaku Anti Korupsi, Metode <em>Story Telling</em> dan Penelitian Tindakan</p> 2018-06-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##