http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/issue/feed Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2023-12-31T15:02:56+00:00 Indah Dwi Sartika indahdwisartika@radenfatah.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini</strong></p> <ul> <li class="show"><strong>ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1541133256">2654-9476</a></strong><strong>&nbsp;(online)</strong></li> <li class="show"><strong>ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1500565090">2581-2793</a></strong><strong>&nbsp;(print)</strong></li> <li class="show"><strong>URL:&nbsp;<a href="http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal">http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal</a></strong></li> </ul> <p><em><strong>Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini</strong></em>&nbsp;is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.&nbsp;Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by&nbsp;Blind Preview Process.&nbsp;Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).</p> http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/18458 Implementasi Pendidikan Responsif Gender Melalui Kegiatan Funcooking pada Taman Kanak-Kanak 2023-12-18T14:27:40+00:00 Farah Azizah farahazizah165@gmail.com Nur Kholik Afandi nurkholikafandi@gmail.com <p>Penelitian ini berangkat dari problem di dalam sekolah yaitu ketimpangan jumlah siswa antara laki-laki dan perempuan yang menyebabkan terjadinya diskriminasi gender dalam setiap proses belajar dan bermain. Selain itu, anak laki-laki cenderung menkotak-kotakkan peran dalam sebuah permainan misal: bermain masak-masakan hanya untuk perempuan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi pendidikan responsif gender melalui kegiatan <em>funcooking</em> di Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model yang di terapkan Miles &amp; Huberman dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, guru, dan anak-anak pada Taman Kanak-Kanak di Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dapat memahami pendidikan responsif gender, memahami makna bekerjasama dalam suatu pekerjaan yang di anggap hanya sebagai pekerjaan domestik perempuan. Anak-anak di berikan kesempatan yang sama, perlakuan yang sama, bahan ajar yang sama, pelayanan yang sama dari guru tanpa membedakan gender. Pendidikan anak berbasis gender di harapkan menjadi elemen dalam pembentukan karakter dan prilaku anak ke depan.</p> 2023-12-17T15:57:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/17367 Efektifitas Program Parenting Terhadap Pola Asuh Orang Tua di TK Muslimat NU 2023-12-18T14:27:40+00:00 Yani Nuraeni yaninuraeni@upi.edu Zahara Reyna Adhitya zaharareynaa@upi.edu Muhammad Fahmi Rizky mfahmirizky14@upi.edu Heri Yusuf Muslihin yaninuraeni@upi.edu <p>Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan berbasis parenting di TK Muslimat NU, menjelaskan terkait perencaaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dalam program. Mendeskripsikan efektifitas program parenting di Tk muslimat NU yang dirasakan oleh orang tua pada pola asuh di Rumah.&nbsp; Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan perkembangan dengan metode silang sekat atau croos sectional method, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi rekaman suara maupun foto. Partisipan penelitian diantaranya adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Adapun hasil penelitian di TK Muslimat NU tentang kegiatan parenting diantaranya adalah curah pendapat, temu wicara, kegiatan di alam, peringatan hari besar, hari konsultasi orang tua dan kunjungan rumah. Orang tua merasakan manfaat program parenting, pada cara mendidik yang baik, terbukti Anak lebih mudah beradaptasi, tanpa perintah keras anak dapat berkembang sesuai harapan, ibu dengan anak berkebutuhan khusus dapat menentukan pendidikan yang tepat bagi anaknya, ibu bisa berbenah cara pola asuh yang baik, dan hubungan baik antara guru dan orang tua bisa terjalin dalam menciptakan keselarasan pendidikan.</p> 2023-12-17T15:57:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/16598 Tradisi Manjujai dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Nagari Paninggahan Solok 2023-12-18T14:27:40+00:00 Mega Cahya Dwi Lestari megacdlestari@gmail.com Yendri Junaidi megacdlestari@gmail.com Voni Yunita megacdlestari@gmail.com Diana Sartika megacdlestari@gmail.com Sri Intan Wahyuni megacdlestari@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini Untuk mendeskripsikan tradisi <em>Manjujai</em> di Minangkabau dalam pengembangan bahasa anak pada usia 1-24 bulan di Jorong Subarang, Nagari Paninggahan Kabupaten Solok. Hal ini dilatar belakangi oleh masih dilestarikannya budaya manjujai oleh orangtua khususnya Ibu sebagai bentuk pengasuhan di Jorong Subarang, Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi yang merupakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman-pengalamannya dalam melakukan studi terhadap kondisi yang alamiah. Adapun teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi manjujai memberikan dampak terhadap perkembangan bahasa anak dengan rentang usia 1-24 bulan. Intervensi yang diberikan dengan tujuan untuk berkomunikasi dengan anak, dan meningkatkan pemerolehan bahasa anak mulai dari kemampuan menyimak dan penambahan kosakata serta melatih kemampuan pelafalan anak dalam setiap huruf.</p> 2023-12-17T16:00:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/20323 Konsep Sunnah Nabawiyah dalam Pendidikan Anak Usia Dini 2023-12-26T11:50:03+00:00 Deky Pramana deky.pramana@gmail.com Ismail Ismail deky.pramana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan Nabi Muhammad dalam pendidikan anak sebagaimana yang telah beliau lakukan kepada sahabatnya yang berusia dini hingga dewasanya menjadi generasi terbaik bagi umat. Mengingat bahwa untuk menghadapi krisis pendidikan anak, diperlukan model pedagogis sebagai panduan dalam mengatasi tantangan tersebut. Bagi umat Islam, Nabi Muhammad dianggap sebagai <em>uswatun hasanah</em> atau teladan yang baik dalam kehidupan. Metode penelitian menggunakan pendekatan riset pustaka dengan analisis hermeneutik filosofis, mengumpulkan hadits Nabi dan menganalisisnya untuk membentuk pemahaman yang utuh tentang konsep Nabawiyah dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan Nabawiyah melibatkan berbagai model pembelajaran, termasuk pengajaran lisan, interaksi verbal, naratif, dan peragaan. Selain itu, pendekatan ini juga mencakup pemberian penghargaan dan sanksi sebagai bagian integral dari proses pendidikan.</p> 2023-12-26T11:50:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/19036 Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 2023-12-30T00:41:50+00:00 lidia oktamarina lidiaoktamarina@radenfatah.ac.id Desvi Wahyuni desviwahyuni@radenfatah.ac.id Tri Sagita Aprisa desviwahyuni@radenfatah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang memuat nilai-nilai Pancasila mengingat bentuk LKPD yang banyak diterapkan pada satuan PAUD masih bersifat umum dan belum menerapkan nilai-nilai Pancasila pada tugas-tugas pada LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (<em>define, design, development, and disseminate</em>). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan yang diperoleh berdasarakan angket responden skala kecil dan skala besar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa uji validasi dinyatakan valid dengan rata-rata uji validasi nilai 80, uji kepraktisan 93% berdasarakan angket respon kepraktisan, dan uji keefektivan sebesar 89,195 pada uji skala kecil dan 90,235 pada uji coba skala besar, sehingga secara keseluruhan LKPD dengan nilai-nilai Pancasila dapat digunakan untuk pembelajaran pada satuan PAUD.</p> 2023-12-30T00:41:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/21149 Pengembangan Media Spinning Wheel: Media untuk Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak 2023-12-31T15:02:56+00:00 Amelisa Susmiarni susmiarniamelisa14@gmail.com Nyimas Atika nyimasatika_uin@radenfatah.ac.id Izza Fitri izzafitri@radenfatah.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran <em>spinning wheel</em> untuk menstimulasi konsep bilangan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research and Developmen</em> (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation</em>). Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik untuk jenjang Taman Kanak-Kanak yang berada direntang usia 4-5 tahun. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara angket dan dokumentasi serta untuk analisis data hasil lapangan menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan analisis instrument menggunakan skala <em>likert</em>, didapatkan hasil validitas ahli materi 80 dengan kategori valid dan ahli media 93,33 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan media <em>spinning wheel</em> berdasarkan angket respon guru 94 dengan kategori sangat praktis, serta angket respon peserta didik diatas 85 dengan kategori sangat efektif. Sehingga media <em>spinning wheel</em> dalma pengenalan konsep bilangan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.</p> 2023-12-31T15:02:56+00:00 ##submission.copyrightStatement##