http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/issue/feedRaudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini2023-06-30T15:04:20+00:00Leny Marlinalenymarlina_uin@radenfatah.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini</strong></p> <ul> <li class="show"><strong>ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1541133256">2654-9476</a></strong><strong> (online)</strong></li> <li class="show"><strong>ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1500565090">2581-2793</a></strong><strong> (print)</strong></li> <li class="show"><strong>URL: <a href="http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal">http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal</a></strong></li> </ul> <p><em><strong>Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini</strong></em> is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview Process. Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).</p>http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/15561Pengenalan Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia Dini2023-06-10T04:47:23+00:00Novi Hidayatinovihidayati7@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pro dan kontra mengenai pengelanan kemampuan membaca pada anak usia dini di lingkungan masyarakat. Penilitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan media pembelajaran pada pengenalan kemampuan membaca yang dilakukan oleh pendidik di lingkungan sekolah. Metode pada penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara kepada 18 siswa kelompok A dan 2 guru kelas di salah satu Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Purwakarta. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan Teknik analisis tematik Clarke dan Braun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada semester satu anak belum memiliki kesiapan dalam menerima kegiatan membaca sehingga pendidik akan mengenalkan kegiatan membaca pada semester dua. Kondisi tersebut mempengaruhi target pencapaian, pendidik tidak mentargetkan anak untuk memiliki kemampuan membaca melainkan pada pembiasaan atau perilaku. Kemudian, media yang digunakan dalam mengenalkan kemampuan membaca melalui kartu gambar, permainan, lagu, buku bacalah.</p>2023-06-10T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/17107Pernikahan Dini: Analisis Pengasuhan Dan Status Kesehatan Anak Pada Suku X2023-06-10T04:14:58+00:00Elsa Cindryaelsacindrya@radenfatah.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pernikahan yang dilakukan di suku X dan juga melihat pengasuhan yang diterapkan pada anak usia dini dan status kesehatan anak yang dilahirkan dari ibu yang menikah dini. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif metode etnografi. Penggunaaan metode etnografi dalam penelitian ini ditujukan untuk melihat pembiasaan masyakat dalam hal pernikahan dini pada suku X. Usia mereka melakukan pernikahan dini berkisar antara 13-15 tahun. Pola asuh yang diterapkan pada anak dominan adalah pengasuhan dengan paksaan “<em>Hothouse</em>” Parenting yang hampir sama dengan otoriter namun terkesan lebih memaksa. Status kesehatan anak pada Suku Anak Dalam dapat terlihat dalam kondisi ibu dikarenakan anak yang sehat lahir dari ibu yang sehat. Di samping melakukan ritual besale untuk meminta kesembuhan dan menolak bala, mereka juga menggunakan ramuan hasil alam untuk membantu mengatasi masalah kesehatan.</p>2023-06-10T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/15486Manajemen Soft Skill Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran di Paud2023-06-25T03:32:58+00:00Ayu Nurjanahnurjanahayu11@gmail.comErni Munastiwierni.munastiwi@uin-suka.ac.idSiti Nur Azizahsitinurazizah496@gmail.com<p>Manajemen sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berkualitas akan memberikan layanan terbaik untuk peserta didiknya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tersebut terletak pada guru yang bermutu. Memiliki kemampuan <em>soft skill</em> terutama dibidang komunikasi menjadi kualifikasi guru yang harus terpenuhi. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen <em>soft skill</em> komunikasi guru dalam meningkatkan pembelajaran di paud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian desktiptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini, 6 orang guru dan kepala sekolah di RA Al-Barokah Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi menjadi faktor utama dalam tercapainya kualitas sebuah lembaga. Manajemen <em>soft skill</em> komunikasi guru di RA Al-barokah sangat berdampak dalam meningkatkan pembelajaran di Paud.</p>2023-06-25T03:32:58+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/15436Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini2023-06-30T15:04:20+00:00Friska Nur Fatimahfriskanurfatimah7@gmail.comHilyatul Ulya Najwa Afifahhilyatululya2016@gmail.comRizky Aulianiiky27236@gmail.comSekar Ayu Larasatisekarayularasati62@gmail.com<p><em>This publication discusses the history and distribution of early childhood education using educational play technology. The resources found in educational games can aid kids in growing intellectually, physically, socially, emotionally, morally, and spiritually, as well as in the arts. With the use of these play toys, a teacher will find it simpler to instruct early childhood learning materials. A descriptive qualitative literature review was employed as the research methodology in this study. employed in this study as a method of studying literature. This study aims to help kids grow in all ways by using educational game technology as a source and a vehicle for learning.</em></p>2023-06-25T03:34:33+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/17567Model Pembelajaran Sains di Lingkungan Keluarga2023-06-30T14:55:24+00:00Narendradewi Kusumastutinarendradewi.k@gmail.comOctavian Dwi Tanto14.octavian@gmail.comBudi Rachmanbudirachman@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui model pembelajaran sains di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu orang tua dan anak di Kabupaten Ngawi. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu keluarga di kabupaten ngawi mengenalkan pembelajaran sains dengan kategori <em>life science </em>seperti memelihara hewan, mengamati bagian bagian tubuh kucing, pola hidup kucing, pola makan kucing, dan mengamati tanaman buah kesayangan<em>, ecology </em>seperti memandikan hewan peliharaan dan merawat agar hewan peliharaan tetap sehat<em>,</em> menanam padi<em>,</em> menjaga tanaman kesayangan berupa tanaman buah<em>, physical science </em>misalnya membuat es batu, air yang direbus dalam jumlah banyak bisa berkurang volumenya,bermain gelembung sabun, bermain warna, kategori <em>earth and space science</em> misalnya mengenalkan benda langit, mengajak anak pergi ke sawah dan diberikan edukasi atas apa yang anak lihat, seperti air dalam kali, pegunungan yang terpandang dari kejauhan tekstur tanah lumpur, tanah daratan bebatan.</p>2023-06-30T14:55:24+00:00##submission.copyrightStatement##