Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang

Main Article Content

Bambang Irawan Zainal Berlian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi manajemen, faktor pendukung dan faktor penghambat di SMP Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif naturalistic. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian data dianalisis denga cara mereduksi, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka diketahui bahwa implementasi manajemen berjalan dengan baik karena ruang lingkup manajemen peserta didik yang diteliti, mulai dari perencanaan peserta didik, penerimaan, orientasi, kehadiran, pengelompokkan, evaluasi, kenaikan, mutasi (perpindahan), drop out (pemberhentian), kode etik, hukuman, dan disiplin sudah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Walaupun ada kekurangan dari sisi sarana dan prasarana yang ada, kekurangan ini berjalan dengan baik karena ada tenaga pendidik, karyawan, peserta didik, orang tua, pemerintah, sarana dan prasarana yang mendukung, serta masyarakat sekitar yang berpartisipasi demi kemajuan sekolah tersebut.

Article Details

How to Cite
Irawan, B., & Berlian, Z. ( ). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studia Manageria, 2(2), 149-164. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.4155
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahari, S. (1996). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpian Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto & Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gaya Media.
Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamidah. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 6, (2), 1-10.
Handono, O.T., Bashori, K. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial terhadap Stres Lingkungan pada Santri Baru. EMPATHY, 1(2), 79-89.
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Irwandi, S. A. Mappanyukki, R., Prakoso, H.D. (2016). The Impact of Free Cash Flow and Good Corporate Governance (GCG) Earning Management of the Banking Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Journal of Finance and Accounting, 7(20): 87- 99.
Miles, M.B dan Huberman, A.M. (1984). An Expended Soure Book Quality Data Analsis. London: Sage Publication.
Mulyono. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurkholis. (2004). Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Riswanti, C., Halimah, S., Magdalena, I., & Silaban, T. S. (2020). Perbedaan Individu dalam Lingkup Pendidikan. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2 (1), 97-108.
Sudijono, A. (1997). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryono, (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutisna, O. (1983). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Penerbit Angkasa.
Veithzal, R. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.