Implementasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Pada MTs Al-Ihsaniyah dan MTs Aisyiyah 1 Palembang

  • Indarwan Indarwan Madrasah Aliyah Negeri 2, Palembang, Indonesia
Keywords: permendiknas no 24 tahun 2007, sarana, prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses Implementasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada MTs Al Ihsaniyah dan MTs ‘Aisyiyah 1 Palembang, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana pada MTs Al Ihsaniyah dan MTs ‘Aisyiyah 1 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana prasarana pendidikan pada MTs Al Ihsaniyah  Palembang belum  memenuhi kriteria standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. Berbanding terbalik dengan sarana dan prasarana pendidikan pada MTs Aisyiyah 1 Palembang yang telah memenuhi kriteria standar minimal, terlihat pada hasil observasi bahwa ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, ruang pimpinan, ruang guru, ruang konsling, ruang UKS, gudang, tempat bermain/berolahraga, tempat beribadah, jamban siswa dan guru, serta sumber belajar lainnya sehingga telah memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. 

References

Arikunto, S. (1997). Pengelolaan Materil. Jakarta: Prima Karya.
Bafadal, I. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama. (2017). Al Qur’an dan terjemahannya, Jakarta: Forum Pelayanan Al-Qur’an (Yayasan Pelayanan Al-Qur’an Mulia).

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2007. Panduan Penyelenggaraan Sekolah Standar Nasional Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2007). Manajamen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
El Khuluqo, Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho Dwidjowijoto, R. (2006). Kebijakan Publik (Formulasi, Implementasi dan Evaluasi). Jakarta: Elex Media Komputindo-Gramedia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung - Puslit KP2W Lemlit Unpad.
Wahab, A. (2004). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
06-06-2020
How to Cite
Indarwan, I. ( ). Implementasi Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Pada MTs Al-Ihsaniyah dan MTs Aisyiyah 1 Palembang. Studia Manageria, 1(2), 149-164. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageria/article/view/4162