Manajemen Pembelajaran di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu

  • Abdullah Abdullah Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila, Bengkulu, Indonesia
Keywords: manajemen, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Pancasila serta mengungkap kondisi para siswa baik sebelum belajar maupun sesudah belajar. Melalui penelitian ini, diperoleh gambaran secara lengkap tentang proses pelaksanaan pengajaran di Madrasah Aliyah Pancasila, yang di dalamnya menuntut adanya aktivitas dan kreativitas guru sebagai tenaga pengajar, dukungan sarana-prasarana dan keaktifan para siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengunakan instrumen pengumpul data berupa: angket, wawancara dan dokumentasi. Sasaran peneliti ini adalah menggali temuan ilmiah yang penting dari kondisi kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Pancasila yang diteliti, dan selanjutnya mencari model pembelajaran yang lebih memperhatikan kualitas/mutu tenaga pengajar, kualita input siswa, dukungan sarana-prasarna dan dukungan faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Proses pengajaran belum berjalan secara baik disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang bervariatif sehingga pengajaran menjadi kurang menarik, (2) Terjadinya penurunan mutu output karena para guru belum menjalankan tugas mengajarnya secara professional, (3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat/kendala dalam pengajaran yaitu kualitas input/siswa yang masih rendah, rasa tanggung jawab pengajar yang masih kurang, komunikasi yang belum berjalan dan kurangnya sarana-prasarana.

References

Arikunto, S. (1988). Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Press.
Hamalik, O. (1991). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru.
Hasbullah. (1996). Pembaharuan dalam Islam: Lintas Sejarah Perubahan dan Perkembangan. Jakarta: LSIK.
Ishak, B. (1998). Pengembangan Kurikulum Teori dan Tehnik. Ujung Pandang: Berkah Utama.
Moleong, L J. (1990). Metodologi Penbelitian Qkualitative, Bandung. Remaja: Rosdakarya.
Nasution, S. (1992). Metode Peneltian Naturalistic Kualitatif. Bandung: Tarsito.
------------. (1995). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta, Bumi Aksara.
Poerwadarminta, W.J.S. (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rifa’i, M. (2003). Ilmu Fiqh Islam Lengkap. Semarang: Toha Putra.
Sardiman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soewarso, H. (1996). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.
Silverius, S. (1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia.
Syafarudin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Konsep Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.
Wahjoetomo. (1997). Perguruan Tinggi Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta: Gema Insani Press.
Ziemek, M. (1986). Pesantren dalam Perubahan Sosial. Jakarta: Temprit.
Published
06-06-2020
How to Cite
Abdullah, A. ( ). Manajemen Pembelajaran di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Studia Manageria, 1(2), 83-98. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageria/article/view/4165