Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan

Main Article Content

Vastha Vusvitha Zainal Berlian Dewi Warna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan mutu tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam keabsahan data menggunakan pengamatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang yaitu bertanggungawab, energik dan semangat tinggi, memotivasi, disiplin, dan menginovasi, (2) gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang adalah demokratis, terlihat dari cara kepala madrasah yang menghargai potensi dan kecerdasan bawahannya, memberikan kesempatan bawahannya untuk terlibat secara penuh dalam pengembangan madrasah, kebebasan untuk berpendapat, keputusan yang diambil berdasarkan kesepakatan bersama, dan (3) faktor pendukung pengembangangan mutu dari tenaga kependidikan yang berusaha untuk mengoptimalkan layanan untuk Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang. Kemudian kemampuan berkomunikasi dengan baik peduli terhadap seluruh anggota berkomitmen serta disiplin. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari keberadaan sekolah yang di tengah kota yang bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan lainnya.
 

Article Details

How to Cite
Vusvitha, V., Berlian, Z., & Warna, D. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan. Studia Manageria, 2(1), 13-26. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i1.4234
Section
Articles

References

Asmani, J. M. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.
Barnawi & M. Arifin. (2013). Mengelola Sekolah Berbasis Enterpreneurship. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Danim, S. (2003). Menjadi Komunitas Pembelajar Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. (2001). Manajemen Penjaminan mutu berbasis Madrasah, Buku I Konsep dan Pelaksana, Jakarta
Sudrajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan mutu berbasis sekolah; Peningkatan mutu Pendidikan melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Grafika.
Husaini, U. (2014). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi AksaraA. Dale Tempe, 1987, Kepemimpinan, Jakarta : Gramedia
Freeman, M. & Johnstone, C. (2008). Improving teaching and learning through discipline-spesific support model, International Journal of Management Education, Sydney: University of Sydney.
Koentjaraningrat. (1993). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Musriadi. (2016). Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif, Yogyakarta : Deepublish
Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan Teori dan Praktek. Edisi Keenam. Jakarta: Indeks
Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta
Sonhaji, A. (2003). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Banjannasin: Universitas Lambung Mangkurat
Subagyo. (2013). Manajemen Pendidikan, Semarang: FIS Universitas Semarang.
Shulhan, M. (2013). Model Kepemimpinan kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Yogyakarta : Teras
Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Pasal 3
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada