Upaya Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah Desa Tanjung Baru

  • Hidayat Hidayat UIN Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Ibrahim Ibrahim UIN Raden Fatah, Palembang, Indonesia
Keywords: kepala madrasah, perkembangan lembaga pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), mengetahui perkembangan MI Nashriyah di bawah kepemimpinan kepala MI Nashriyah Desa Tanjung Baru Kec. Tanjung Lubuk Kab. Ogan Komering Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: a) wawancara, b) observasi, dan c) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, selanjutnya dilakukan analisis dengan teknik analisa data. Selanjutnya kredibilitas data dicek dengan menggunakan uji keabsahan data yaitu, triangulasi. Temuan dalam penelitian ini adalah: Upaya yang kepala Madarasah Ibtidaiyah Nashriyah lakukan dalam mengembangkan lembaga ini adalah, pengadaan sarana dan prasarana, seperti penambahan fasilitas belajar siswa, memperbaiki sekaligus menambah gedung/lokal belajar siswa, menyediakan transfortasi khusus antar jemput siswa. Perkembangan MI Nashriyah di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah, adalah pelayanan khusus terhadap siswa yang belum bisa membaca tulis al-Qur’an (BTA) dengan baik dan benar, meningkatnya jumlah siswa yang masuk setiap tahun, melakukan supervisi secara berkala pada guru saat proses pembelajaran berlangsung, meningkatnya prestasi siswa secara akademik, dan meningkatnya jumlah tenaga pengajar (guru).

References

Arikunto, S. (2007). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ghozali, A. & Fuaduddin. (2007). Kepemimpinan Kepala Madrasah Yang Efektif. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Administrasi.
Glasse, C. (1996). Ensiklopedi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hadi, M., Djailani, A.R. Sakdiah, I. (2018). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Min Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kab Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4 (2).
Hajijah & Mustofa, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Inovasi Manajemen Pendidikan Di MTs N Diwek Jombang. Jurnal Studia Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh, 1(1) 138-161.
Karwati, E. & Priansa, D.J. (2018). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta
Mukhtar. (2009). Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah: Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nazaruddin. (2007). Manajemen Pembelajaran; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras.
Saebani, B. A. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sujanto, B. (2007). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah: Model Pengelolaan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Supardi. (2018). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal IDAARAH, 1(2).
Tilaar, H. A. R. (2003). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
31-12-2019
How to Cite
Hidayat, H., & Ibrahim, I. (2019). Upaya Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah Desa Tanjung Baru. Studia Manageria, 1(2), 99-118. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageria/article/view/4872