PERAN PT FYC BERSAMA TIKTOK DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF KEPADA INFLUENCER UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN

Main Article Content

Dhea Puspitasari
Dr. Eni Murdiati, M.Hum
Muzaiyanah, M.Pd

Abstract

Semakin berkembannya zaman, pemanfaatan ekonomi kreatif tidak hanya di usaha masyarakat saja namun juga diterapkan pada usaha melalui sosial media. Para pengusaha dituntut harus lebih kreatif dalam menciptakan ide, teknik penjualan dan hal lainnya yang dapat menarik bagi pembeli. Dengan adanya ekonomi kreatif yang telah diterapkan di Indonesia memugkinkan masyarakat yang memiliki usaha kecil dapat berkembang menjadi lebih baik. Dengan menggunakan teknologi yang ada seperti media massa dan pemanfaatan teknologi online baik itu olshop dan sebagainya. Dengan adanya ekonomi kreatif dapat menyadarkan masyarakat agar merubah pola pikir agar dapat merubah kehidupan mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran PT Fyc Bersama Tiktok dalam pengembangan ekonomi kreatif kepada influencer untuk meningkatkan perekonomian melalui media sosial Tiktok dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam meningkatkan ekonomi kreatif para influencer Tiktok. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu PT Fyc Bersama Tiktok memberikan perubahan, ide dan cara yang berbeda dalam memberikan iklan di sosial media untuk para influencer yang berada dibawah naungan PT Fyc Bersama Tiktok. Adapun faktor yang mendorong penambahan ekonomi influencer di PT Fyc Bersama Tiktok yaitu kemajuan teknologi, social media dan tenaga kerja.  

Article Details

Section
Articles

References

Ali, Nasrudin. 2018. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Tulung Agung Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu (Pengrajin Anyaman Bambu). Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Azizah, Siti Nur dan Muhfiatun. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Vol. 17 No. 2.

Arjana, Gusti Bagus. 2016. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Amalia, A.C. dan Putri, G.S. 2019. Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surakarta. Vol. 20, No. 2.

Anang, SC. 2017. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Universitas Tulungagung. Vol 9 No. 1 tahun 2017.

DEPDIKNAS. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djam’an dan Aan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Firdausy, Carunia Mulya. 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia.. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fitriani, Fila. 2020. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Kriya Kayu Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Wonosari Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Skripsi IAIN Metro.

Halil, Hermanto. 2022. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Desa Kaduara Timur Kecamatan Pragan Kabupaten Sumenep. IBRAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 2, 2022.

Hartati. 2020. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Ditinjau Dengan Pendekatan Ekonomi Islam Studi Kasus Pengrajin Tali Tenun Di Panyurak Kabupaten Enrekang. Skripsi UIN Alaudin Makassar.

Iryana. 2021. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.

Isniati, Baiq. 2018. Peran Ekonomi Kreatif Sektor Kerajinan Untuk Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Desa Taman Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Skripsi Universitas Islam Negeri Mataram.

Khairuni, Nisa. 2016. Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, Vol 2 o 1 Januari 2016.

Lestari, Eka. 2016. Dampak pengelolahan dana bergulir Program nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandii Pedesaan. Skripsi IAIN Pare-Pare.

Moeloeng, Lexy, J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles dan Hubberman. 2002. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nurgiansyah, Heru. 2018. Pengembangan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa Melalui Model Pembelajaran Jurisprudensial Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, Ika Swasti dan Dwi Wahyuningsih. 2021. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Wisata Rotan Trangsan, Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Global Financial Accounting Journal, Vol. 05, No. 01.

Purnomo, Rochmat Aldy. 2010. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Jakarta: Nulisbuku.

Prabowo, Herena Carmelita. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital agency Coconut Indonesia Dalam Meningkatkan Penguna Jasa. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Priyono, Muhammad Bintang dan Dian Permata Sari. 2023. Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, September 2023, 9, 7.

Prasetiyo, Eko. 2014. Peran Teknologi dan Investasi Human Capital Sebagai Pemacu Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang vol 1 tahun 2014.

Rahmawati, Eka. 2023. Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas IX di SMPN 9 Tangerang Selatan). Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press: Banjarmasin.

Rusdi, Muh Ibnu. 2022. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Soreang Kota Parepare Dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Pengrajin Cangkang Kerang. Skripsi IAIN Parepare.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Surabaya: STMIK STIKOM.

Sugeng, Sejati. 2012. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Teras.

Soraya. 2017. Peran Dinas Sosial Kota Makassar dalam Penanganan Pengemis di Kecamatan Penaklukan Kota Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makassar.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R dan D Cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, A. A. 2017. Strategic Review in Indonesia Development Plan for Creative Economy, Developing Country Studies. 7(5), pp.

Saputra, D. H. et al. 2018. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. 2022. Persepsi Generasi Z Terhadap FITUR Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan.

Uyuni, Audry. 2021. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Bidang Kriya Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Kasus Ardhina Batik Medan. Skripsi UIN Sumatra Utara.

Tongotow dkk, 2022. Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society Jurnal Volume 2 No. 1 Tahun 2022.

Yusuf, Muh. Fathir Maulid dkk. 2023. Dampak Penutupan Tiktok Shopterhadap Pengguna Dan Pelaku Bisnis Dalam E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan ISSN 3025-4345 Vol. 2 No. 1, 2023.

Zubaedi. 2013. Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.