Strategi Politik dalam Pemilihan Legislatif 2019 (Studi Kasus Komunikasi Politik Calon Legislatif DPRD Danu Mirwando dari Partai Nasdem di Kecamatan Sukarami Kota Palembang)

Authors

  • Yovfa Triapriliany Politik Islam UIN Raden Fatah Palembang
  • Mohammad Syawaludin Politik Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ryllian Chandra Politik Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/ampera.v1i3.7135

Keywords:

Strategi Politik, Komunikasi Politik, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Judul penelitian ini “STRATEGI POLITIK DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 (Studi Kasus Komunikasi Politik Calon Legislatif DPRD Danu Mirwando dari Partai Nasdem di Kecamatan Sukarami Kota Palembang) “ komunikasi dalam politik akan selalu dilibatkan sebagai salah satu strategi untuk meraih suatu tujuan yang telah direncakan secara sistematis seperti menduduki jabatan sebagai wakil rakyat baik menerapkan komunikasi secara dua arah maupun secara virtual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh kandidat yang akan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD untuk ke periode selanjutnya             Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan tahap-tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu yang menjadi sumber dalam penelitian ini, yakini sumber data primer. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Danu Mirwando menerapkan starategi selama kampanye melibatkan beberapa aspek terutama menggunakan komunikasi politik baik dilaksanakan bersama tim sukses maupun interpersonal. Kandidat juga mengandalkan komunikasi ke basis massa dan kekerabatan serta memanfaatkan sosial media sebagai salah satu media untuk berkomunikasi dengan jangkauan yang luas. Peneliti menggunakan Teori Harold D. Lasswell  mengenai Strategi komunikasi politik dengan aspek komunikator, pesan, media dan pengaruh yang didapatkan oleh komunikator, komunikator yakini seorang aktor yang menyampaikan komunikasi merupakan Danu Mirwando. Pesan yang disampaikan beliau terkait kinerja dan visi misi yang disalurkan melalui media cetak dan media massa. Komunikasi yang dibangun oleh tim sukses ikut andil dalam mempengaruhi masyarakat, Hal ini guna menjangkau masyarakat secara lebih luas dan efisien hingga mampu mendapatkan hasil 5.287 suara di 3 (tiga) daerah pilih.

Downloads

Published

28-08-2020

How to Cite

Strategi Politik dalam Pemilihan Legislatif 2019 (Studi Kasus Komunikasi Politik Calon Legislatif DPRD Danu Mirwando dari Partai Nasdem di Kecamatan Sukarami Kota Palembang). (2020). Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 1(3), 226-237. https://doi.org/10.19109/ampera.v1i3.7135