Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Pemilihan Presiden 2019
DOI:
https://doi.org/10.19109/ampera.v2i1.7427Keywords:
Komunikasi Politik, Facebook, pemilihan presiden 2019Abstract
Media Sosial Facebook sebagai Ruang Komunikasi Politik dalam pemilihan Presiden tahun 2019. Latar belakang masalah penelitian karena media merupakan masalah yang menjadi sorotan publik dan perlu mendapatkan perhatian untuk menanggulanginya. Penelitian ini berusaha menjawab bentuk pemanfaatan media sosial dalam pemilihan pemilihan Presiden tahun 2019, serta efektifitas komunikasi politik dalam media sosial facebook dalam konstalasi politik,. Jenis penelitian menggunakan tipe penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan melalui kajian literatur pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisa secara kualitatif yang selanjutnya disajikan secara deskriptif. Adapun kerangka konseptual dan teoritis yang penulis gunakan yaitu teori komunikasi politik dan konsep media social.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial seperti facebook sangat berpengaruh pada komunikasi politik serta pemanfaatan media sosial berperan besar dalam Pemilihan pemilihan Presiden tahun 2019. Masing-masing tim sukses calon presiden beradu strategi kampanye melalui internet, terutama media sosial. Namun pemanfaatan media sosial untuk kampanye politik ternyata belum stabil, nampaknya belum bisa mengoptimalkan manfaat internet dan media sosial. Padahal media sosial ini selain sebagai sarana bersosialisasi atau pemasaran secara online, bisa dimanfaatkan pula sebagai alat kampanye politik yang terbilang praktis. Media sosial facebook sangat efektif dalam mengarahkan pemilih dalam memilih kandidat tertentu. Masing-masing kandidat memanfaatkan rekayasa media sosial dengan membuat grup-grup facebook. Media sosial facebook menjadi sarana bersosialisasi untuk mendulang suara dalam kontestasi politik serta menentukan opini yang menjadi perbincangan masyarakat.Downloads
Published
31-01-2021
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
Putra, D. A., Yazwardi, Y., & Fikri, M. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Pemilihan Presiden 2019. Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.19109/ampera.v2i1.7427