PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ORANG JOMPO DI PANTI (STUDI KASUS DI PANTI JOMPO KOTA PALEMBANG)

Main Article Content

Marjohan Marjohan

Abstract

Penelitian ini berjudul Perlindungan Hukum Terhadap Orang Jompo Di Panti (Studi Kasus Di Panti Jompo Kota Palembang), dilatarbelakangi oleh pemikiran yang mendasar bahwa membangun keluarga bahagia dan sejahtera merupakan tujuan setiap orang. Untuk mewujudkan keluarga yang bahagia, Islam mengaturnya dengan hak dan kewajiban antar anggota keluarga termasuk di dalamnya kewajiban anak terhadap orang tua. Sementara itu, realitas yang berkembang, banyak anak yang menitipkan orang tua ke panti jompo. Melihat kenyataan ini timbullah pertanyaan mengenai alasan anak dalam menitipkan orang yang kemudian dihubungkan dengan perlindungan hukum terhadap orang jompo di panti.  Masalah utama dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana pola perlindungan hukum bagi orang jompo di Panti Jompo Kota Palembang, dan Apa saja langkah-langkah yang ditempuh dalam membina orang jompo di Panti Jompo Kota Palembang, serta bagaimana perspektif maqâshid al-syarî’ah terhadap pola perlindungan hukum dan pembinaan orang jompo di Panti Jompo Kota Palembang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana data-data dikumpulkan dengan cara mengamati/observasi dan wawancara .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola perlindungan hukum orang jompo di panti adalah Perlindungan hukum yang bermakna; terdiri dari dua suku kata yaitu Perlindungan dan Hukum. Artinya, perlindungan menurut hukum dan undang-undang yang berlaku. Pengertian perlindungan hukum adalah suatu perlindungan yang diberikan terhadap subyek hukum dalam bentuk perangkat hukum baik yang bersifat preventif maupun yang bersifat represif, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Dengan kata lain perlindungan hukum sebagai suatu gambaran dari fungsi hukum., yaitu konsep dimana hukum dapat memberikan suatu keadilan, ketertiban, kepastian, kemanfaatan dan kedamaian. Adapun perlindungan hukum terhadap orang jompo di panti jompo dalam perspektif maqasid al-syari’ah yaitu perlindungan yang diberikan kepada orang jompo di panti oleh para petugas  yang diberi tugas untuk melindungi, melalui pembinaan baik fisik maupun mental yang berkaitan dengan kemaslahatannya, bagaimana hak-hak yang tetap melekat pada orang jompo dalam kaitannya dengan hak pemeliharaan agama (hifz} al-din), hak pemeliharaan jiwa (hifz al-nafs), hak pemeliharaan akal pikiran (hifz al-‘aq).

Article Details

How to Cite
Marjohan, M. (2019). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ORANG JOMPO DI PANTI (STUDI KASUS DI PANTI JOMPO KOTA PALEMBANG). Nurani: Jurnal Kajian syari’ah Dan Masyarakat, 18(2), 77-98. https://doi.org/10.19109/nurani.v18i2.1883
Section
Artikel

How to Cite

Marjohan, M. (2019). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ORANG JOMPO DI PANTI (STUDI KASUS DI PANTI JOMPO KOTA PALEMBANG). Nurani: Jurnal Kajian syari’ah Dan Masyarakat, 18(2), 77-98. https://doi.org/10.19109/nurani.v18i2.1883

References

Afar,Abd al-Mun‘im,at-Tanmiyyah wa at-Takhfif wa Taqwim al-Masyru‘at fial-Islam, Jeddah: Dar al-Bayan al-‘Arabi, 1992.

Ali, Mohammad Daud, “Kedudukan dan Pelaksanaan Hukum Islam dalam Negara Republik Indonesia”, dalam Cik Hasan Bisri (ed.), Hukum Islam dalam Tatanan Masyarakat Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

al-‘Alim, Yusuf Hamid, al-Maqasid al-‘Ammah li asy-Syari‘ah al-Islamiyyah, Virginia: al-Ma‘had al-‘Alami li al-Fikr al-Islami.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Cet.Ke-10, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Asmawi, “Diskursus Teori Maslahat”, dalam http://asmawi.net/wp-content/.../Diskursus-Teori-Maslahat.secured.PDF, diakses pada 5 Desember 2011.

Asyur, Tahir bin,Maqasid asy-Syari‘ah al-Islamiyyah, Tunis: Dar Suhnun, Kairo: Dar as-Salim, 1427 H/2006 M.

Atiyyah, Jamal ad-Din, Nahwa Taf‘il Maqasid asy-Syari‘ah, Damaskus: Dar al-Fikr, 2001.

Audah, Jaser, al-Maqasid untuk Pemula, terj. ‘Ali ‘Abdelmon’im, Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Azhary, Muhammad Tahir, Negara Hukum: Suatu Studi Tentang Prinsip-prinsipnya Dilihat dari Segi Hukum Islam, Implementasinya pada Periode Negara Madinah dan Masa Kini, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Boudon, Raymond, Theories of Social Change, Cambridge: Polity Press, 1986.

Al-Bukhari, Muhammad bin Isma‘il, Sahih al-Bukhari, Beirut: Dar al-Fikr.

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana,2007.

_______,Patologi Sosial, Bandung: Tarsito, 1982.

Effendi, Satria, “Maqasid asy-Syari‘ah dan Perubahan Sosial”, Makalah, dalam Seminar Terealisasi Ajaran Islam III, Jakarta, 1991.

al-Fayyumi, Ahmad Muhammad, al-Misbah Mu‘jam ‘Arabi-‘Arabi, Beirut: Maktabah Lubnan, 1990.

Fuad, Mahsun, Hukum Islam Indonesia: dari Nalar Partisipatoris hingga Emansipatoris, Yogyakarta: LKiS, 2005.

al-Gazali, Abu Hamid Muhammad, Ihya’ ‘Ulum ad-Din, Beirut: Dar al-Fikr.

_______,al-Mustasfa min‘Ilm al-Usul, tahqiq wa ta‘liq Muhammad Sulaiman al-Asyqar, Beirut: Muassasat ar-Risalah, 1417 H/1997 M.

Hanbal, Ahmad bin Muhammad bin, al-Musnad li al-Imam Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, Kairo: Dar al-Hadis, 1995.

Harahap, M. Yahya, “Informasi Materi Kompilasi Hukum Islam: Mempositifkan Abstraksi Hukum Islam”, dalam Cik Hasan Bisri (ed.), Kompilasi Hukum Islam dan Peradilan Agama dalam Sistem Hukum Nasional, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Hasan, Ahmad, Analogical Reasoning in Islamic Jurisprudence: a Studi of the Juridical Apasrisiple of Qiyas, New Delhi: Adam Publishers and Ditributors, 1994.

Hasan, Husen Hamid,Nazariyyat al-Maslahah al-Islam, Mesir: Dar an-Nahdah al-‘Arabiyyah.

Hukum Sakral dan Hukum Sekuler: Studi Tentang Konflik dan Resolusi dalam Sistem Hukum Indonesia, terj. Inyak Ridwan Muzir, Jakarta: Pustaka Alvabet, 2008.

Ibrahim, Nana Sudjana, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1989.

Iqbal, Justice J.,“The Concept of State in Islam”, dalam State, Politics, and Islam,ed. M.Ahmed,Indianapolis: American Trust Publications, 1986.

J.A., Denny, “Legislasi Hukum Islam dan Integrasi Nasional”, dalam Pesantren, No. 2/Vol. VII/1990.

Joni, Muhammad dan Zulchaina Tanamas, Aspek Hukum Perlindungan Anak dalam Perspektif Konvensi Hak Anak, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1999.

al-Jurjawi, Ali Ahmad,Hikmah at-Tasyri‘ wa Falsafatuh, Beirut: Dar al-Fikr, 1994.

Ka’bah, Rifyal, Hukum Islam di Indonesia: Perspektif Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, Jakarta: Universitas Yarsi Jakarta, 1990.

Khallaf, Abdul Wahhab,‘Ilm Usul al-Fiqh, Kairo: Dar al-Kuwaitiyyah, 1968.

_______, Masadir at-Tasyri‘ al-Islami fi Ma la Nas fih, Kuwait:Dar al-Qalam, 1392 H/1972 M.

Marzuki, Peter Mahmud, Penelitian Hukum, Jakarta: Kencana Media Grup, 2011.

Mas’ud, Muhammad Khalid, Islamic Legal Philosophy: a Study of Abu Ishaq al-Shatibi’s Life and Thought, New Delhi: International Islamic Publisher, 1989.

_______, Shatibi’s Philosophy of Islamic Law, Islamabad: Islamic Research Institute International Islamic University, 1995.

Merton, Robert K. dan Nisbet, Contemporary Social Problems, New York: Harcourt, France,and World Inc., 1998.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Mulia, Siti Musdah, dkk., Pembaruan Hukum Islam:Counter Legal Draft Kompilasi Hukum Islam, Jakarta: Tim Pengarusutamaan Gender, Departemen Agama,2004.

Mulyana,Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Cet. Ke-4, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Na‘mah,Antwan, al-Munjid fi al-Lugah wa al-A‘lam, Cet. Ke-28, Beirut: Dar al-Masyriq, 1986.

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif, Cet. Ke-2, Yogyakarta: LKiS, 2008.

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.

al-Qaradhawi, Yusuf, Fiqh Maqasid asy-Syari‘ah: Modernisasi Islam antara Aliran Tekstual dan Aliran Liberal, terj. Arif Munandar Riswanto, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2007.

_______,Madkhal li Dirasat asy-Syari‘ah al-Islamiyyah, Kairo: Maktabah Wahbah, 1990.

Saifullah, Edyson, “Konsep al-Dharūriyyāt al-Khams dalam Mewujudkan Masyarakat Sejahtera”, Disertasi, Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.

as-Salam, ‘Izz ad-Din bin ‘Abd, Qawa‘id al-Ahkam fi Masalih al-Anam, Kairo:Maktabah al-Kulliyyat al-Azhariyyah, 1994.

Schoeck, Helmut, Envy: a Theory of Social Behavior, terj. Michael Glenny dan Betty Ross, London: Secker and Warburg, 1969.

ash-Shiddieqy, T.M. Hasbi, Pengantar Hukum Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1981.

Sjadzali, Munawir, “Reaktualisasi Ajaran Islam”, dalam Iqbal Abdurrauf Saimiama (ed.), Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.

Soekanto, Soerjono, Pokok-pokok Sosiologi Hukum, Jakarta: Rajawali Press 1990.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alvabeta, 2007.

Surakhmad, Winarno, Pengatar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode Teknik, Bandung: Tarsito, 1990.

Suryabrata, Sumardi, Metode Penelitian, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995.

Susilowati, “Upaya Meminimalisasi Penggunaan Pidana Penjara bagi Anak”, Tesis, Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Diponegoro Semarang, 2008.

Sutopo, Pengantar Penelitian Kualitatif, Surakarta: Pusat Penelitian Sebelas Maret.

Sya’labi,Ahmad, Kehidupan Sosial dalam Pemikiran Islam, terj. Amzah Ahmadi, Jakarta: Sinar Grafika, 2001.

Asy-Syatibi, al-Muwafaqat fi Usul asy-Syari‘ah, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyya.

Syu’bah, Ismail Muhammad,Tujuan dan Ciri-ciri Hukum Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

UUD 1945 Tahun 1945, Jakarta: Sekretariat Jenderal RI, 2006.

Wehr, Hans, A Dictionary of Modern Written Arabic, Cet. Ke-3, Beirut: Maktabah Lubnan, 1980.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya, 1990.

Az-Zarwi, Ibrahim ‘Abbas, Nazariyyat al-Ijtihad asy-Syari‘ah al-Islamiyyah, Kairo: Dar asy-Syuruq, t.t.