PENGARUH SALES GROWTH DAN PROFITABILITAS TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Meidina Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel sales growth dan profitabilitas terhadap dividen payout ratio pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini yaitu 15 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sesuai dengan kriteri yang ditetapkan. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi berganda dengan menggunakan uji hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sales growth memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel dividen payout ratio pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh dan signifikan terhadap variabel dividen payout ratio pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kemudian Variabel sales growth dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap variabel dividen payout ratio pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diharapkan penelitian yang akan datang menggunakan variabel-variabel bebas diluar sales growth dan profitabilitas seperti inflasi atau variabel lainnya. Kemudian disebabkan karena terbatasnya waktu penelitian. Disarankan pada penelitian selanjutnya ruang lingkup penelitian dapat diperluas sampel penelitian pada jenis-jenis industri lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, M. (2018). PENGARUH SALES GROWTH DAN PROFITABILITAS TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 4(1), 112-124. https://doi.org/10.19109/ieconomics.v4i1.2280
Section
Artikel

How to Cite

Astuti, M. (2018). PENGARUH SALES GROWTH DAN PROFITABILITAS TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 4(1), 112-124. https://doi.org/10.19109/ieconomics.v4i1.2280