Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review

Main Article Content

Gusti Gusti
Neti Karnati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kualitas sekolah melalui manajemen peserta didik karena dalam dunia pendidikan peserta didik menjadi bahan baku utama. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). SLR merupakan metode yang digunakan untuk mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi temuan-temuan sebelumnya. Penelitian ini menemukan bahwa setiap sekolah menerapkan manajemen peserta didik dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pembinaan dan pengembangan, evaluasi, dan pengorganisasi alumni. Penerapan tersebut akan berdampak pada meningkatnya kualitas sekolah dari aspek prestasi akademik maupun non akademik. Dalam implementasi tersebut, ada beberapa faktor pendukung di antaranya tenaga pendidik yang profesional dan adanya kerjasama antara pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua. Juga terdapat faktor penghambat di antaranya rendahnya kualitas guru dan sarana prasarana.

Article Details

How to Cite
“Manajemen Peserta Didik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review”. Intizar 27, no. 2 (December 16, 2021): 127–135. Accessed May 1, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/10249.
Section
Artikel

How to Cite

“Manajemen Peserta Didik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review”. Intizar 27, no. 2 (December 16, 2021): 127–135. Accessed May 1, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/10249.