Implementasi Penguatan Materi Keagamaan Melalui Program Madrasah Diniyah Takmiliyah

Main Article Content

Diana Dwi Oktafia Safitri
Nur Fajar Arief
Fita Mustafida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, evaluasi, dan implikasi program madrasah diniyah di Madrasah Ibtidaiyah Tholabuddin Gandusari Blitar. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Prosedur pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan Miles dan Huberman. Pengecekan data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi penguatan materi keagamaan melalui program Madrasah Diniyah Takmiliyah dilatar belakangi oleh usaha penguatan PAI terhadap peserta didik sesuai visi misi lembaga. Pendidikan madrasah diniyah dilaksanakan setelah selesainya Pendidikan formal, menggunakan bahasa Jawa serta mengutamakan penguatan karakter dan juga penguasaan terhadap materi-materi praktek ubudiyah. Evaluasi terhadap pelaksanaan program dilaksanakan setiap akhir semester menggunakan penilaian tes maupun non test. Implikasi bagi lembaga adalah naiknya grafik jumlah penerimaan siswa baru setiap tahunnya, memudahkan para guru PAI di kelas formal untuk menyampaikan materi, serta mendogkrak prestasi siswa yang mengharumkan lembaga dalam kompetisi keagamaan. Sedangkan bagi peserta didik, program ini menjadikan peserta didik lebih paham hukum-hukum dasar, lancar dalam membaca Al-Qur’an serta menguasai tata cara peribadatan sehari-hari. Program madrasah diniyah juga menjadikan peserta didik mempunyai akhlak dan karakter yang baik serta kesadaran diri untuk beribadah.

Article Details

How to Cite
“Implementasi Penguatan Materi Keagamaan Melalui Program Madrasah Diniyah Takmiliyah”. Intizar 29, no. 2 (December 30, 2023). Accessed September 20, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/15506.
Section
Artikel

How to Cite

“Implementasi Penguatan Materi Keagamaan Melalui Program Madrasah Diniyah Takmiliyah”. Intizar 29, no. 2 (December 30, 2023). Accessed September 20, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/15506.