Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kesadaran Moderasi Beragama Siswa

Main Article Content

Larissa Putri Isyara
Ahmad Rizaldi Marzudin
Neng Aisyah
Yulia Tri Samiha
Wijaya Wijaya
Mardeli Mardeli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru PAI dalam meningkatkan kesadaran moderasi beragama siswa di SMK Negeri 04 Palembang. Penelitian ini berjeniskan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya ialah guru agama Islam. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisisan menggunakan model Miles dan Huberman yakni mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan cross check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru untuk meningkatkan kesadaran moderasi beragama siswa adalah dengan cara pendekatan yang inklusif, studi kasus yang membahas tentang ekstremisme agama bisa menyebabkan konflik dan ketegangan sosial, kegiatan lintas agama dan penggunaan sumber belajar yang beragam.

Article Details

How to Cite
“Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kesadaran Moderasi Beragama Siswa”. Intizar 29, no. 2 (December 30, 2023). Accessed July 12, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/20647.
Section
Artikel

How to Cite

“Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kesadaran Moderasi Beragama Siswa”. Intizar 29, no. 2 (December 30, 2023). Accessed July 12, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/20647.