INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 2 MUARA BELITI

Main Article Content

Muhamad Akip
Intan Pariwara

Abstract

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki keanekaragaman suku, budaya, bahasa, dan agama yang dapat menjadi kekuatan jika dikelola dengan baik, namun juga berpotensi menimbulkan konflik jika diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 2 Muara Beliti, sebagai upaya membentuk karakter siswa yang toleran dan mampu hidup harmonis dalam masyarakat majemuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dewan guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama yang diinternalisasi meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal. Proses internalisasi dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, dengan peran penting guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, sekolah juga melibatkan tokoh agama dan masyarakat untuk memperkuat pemahaman siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti kurangnya pemahaman mendalam di kalangan siswa, upaya berkelanjutan terus dilakukan untuk memperkuat penerapan nilai-nilai moderasi beragama di sekolah

Article Details

How to Cite
Muhamad Akip, & Intan Pariwara. (2024). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 2 MUARA BELITI. Istinbath, 16(2), 16-29. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i1.24874
Section
Artikel

How to Cite

Muhamad Akip, & Intan Pariwara. (2024). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 2 MUARA BELITI. Istinbath, 16(2), 16-29. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i1.24874

References

Amir, Muhammad Farizal, “Peran Guru Sebagai Evaluator : Studi Pada Pembelajaran PPKN Hidayat Sibyan Parit Na’am,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 02.2715–2723 (2019), 21–32

Ashoumi, Hilyah, Ihdina Auliya Husna, dan Chalimatus Sa’diyah, “Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dan Implikasinya terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa,” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7.3 (2023), 461

Aulawi, Anton, dan Srinawati Srinawati, “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di SMK Darus Syifa Kota Cilegon,” Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 2.1 (2019), 38–50 <https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489>

Awalia, Rofiqotul, dan Dhifa Safinatunaja, “Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid,” Edu Global: Jurnal Pendidikan Agama ISlam, 4.1 (2021), 19–27

Badruzaman, Dudi, “Keadilan Dan Kesetaraan Gender Untuk Para Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt),” Tahkim (Jurnal Peradaban dan Hukum Islam), 3.1 (2020), 103–24

Bakar, Abu, Uin Sultan, dan Syarif Kasim Riau, “Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama,” 103.193.19.206, 7.2 (2015), 123–31

Balqis, Putri, Nasir Usman, dan Sakdiah Ibrahim, “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar,” Jurnal Pendidikan Administrasi, 14.1 (2014), 25

Depertemen Agama RI, Al qur’an dan Terjemahannya, diterjemah Al-Qur'an disempurnakan oleh Lajnah Pentasih Mushaf Al-Qur'an. (Bandung : CV Penerbit Di Ponegoro, 2010

Dimyati, Dimyati, “Peran Guru Sebagai Model Dalam Pembelajaran Karakter Dan Kebajikan Moral Melalui Pendidikan Jasmani,” Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1.3 (2010), 85–98 <https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.238>

Esi, Endang Purwaningsih, dan Okianna, “Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5.10 (2016), 1–1

Faiz, Muhammad Fauzinudin, “Moderasi Beragama: Pilar Kebangsaan dan Keberagaman,” Kementrian Agama Republik Indonesia, 2023

I. Wayan Cong Sujana, “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia,” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (July 23, 2019)

Fauzi, Ahmad, “Moderasi Islam, Untuk Peradaban Dan Kemanusiaan,” Jurnal Islam Nusantara, 2.2 (2018), 232 <https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i2.101>

Fitri, Siti, M Sundari, Elly Pd, M Sukmanasa, Lina Pd, S Novita, et al., “Keterampilan Dasar Mengajar Disusun oleh,” 2020, 59

Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, dan Encep Supriatin Jaya, “Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung,” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6.1 (2021), 14–25 <https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702>

Harefa, Syukur Aman, dan Adrianus Bawamenewi, “Penanaman Nilai Toleransi Umat Beragama Dikalangan Siswa Smk Negeri 1 Gunungsitoli Utara,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4.2 (2021), 419–25

Hari Murti, Nugroho, dan Vika Nurul Mufidah, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama pada Peserta Didik di SMK Kesatuan Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat,” Mozaic Islam Nusantara, 8.2 (2022), 99–110

Irmanputra Sidin, Andi, “DR . Andi Irmanputra Sidin , S . H ., M . H . ( Advokat / Founder Law Firm Sidin Constitution A . Irmanputra Sidin & Associates / Ahli Hukum Tata negara ),” 60, 2019, 4

Muaz, Muaz, dan Uus Ruswandi, “Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.8 (2022), 3194–3203

Naim, Ngainun, “Membangun Toleransi Dalam Masyarakat Majemuk Telaah Pemikiran Nurcholis Madjid,” Harmoni, 12.2 (2020), 31–42 <https://doi.org/10.32488/harmoni.v12i2.153>

Pamungkas, Nikmtul Choyroh, “Keadilan dan Kesetaraan Gender dalam Peran Orang Tua Dalam Mengasuh Anak : Prepektif Pasangan Menikah Muda,” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 3.2 (2021), 240–52 <https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/9846>

Purnomo, Purnomo, dan Putri Irma Solikhah, “Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif,” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7.2 (2021), 114–27 <https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.13286>

Qowim, Abdul, Yuni Suprapto, dan Dany Miftah M. Nur, “Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Tpq Ngerang Tambakromo-Pati,” Tunas Nusantara, 2. 2 (2020), 242–48

Ria Ningsih, Asih, Rita Arianti, dan Debby Indah, “Guru Sebagai Mentor Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2.1 (2021), 18–22 <https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i1.42>

Rosyidi, M., “Konsep Toleransi Dalam Islam Dan Implementasinya Di Masyarakat Indonesia,” Jurnal Madaniyah, 9.2 (2019), 291

Rosyidi, Mohammad Fuad Al Amin, “Konsep Toleransi Dalam Islam Dan Implementasinya Di Masyarakat Indonesia,” Jurnal Madaniyah, 9.2 (2019), 277–96 <https://nasional.tempo.co/read/898613/konflik-atasnama-agama-berpotensi-terjadi-di->

Ruhansih, Dea Siti, “Efektivitas Strategi Bimbingan Teistik Untuk Pengembangan Religiusitas Remaja (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015),” QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1.1 (2017), 1–10 <https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497>

Rumahuru, Yance Z., “Pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama: Strategi merawat keberagaman di Indonesia,” Kurios, 7. 2 (2021)

Sutrisno, Edy, Hamdi Abdul Karim, S Sirajuddin, A.Hermawan, Ari Saputra, Bayu Mitra Adhyatma Kusuma, et al., “Nilai Moderasi Islam Dan Internalisasinya Di Sekolah M. A. Hermawan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto,” Journal of Chemical Information and Modeling, 25.1 (2019), 1

Rofiqotul Awalia dan Dhifa Safinatunaja, “Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid,” Edu Global: Jurnal Pendidikan Agama ISlam, 4.1 (2021), 19–27 <http://repository.iainpare.ac. id/3659/>.

Yoki Apriyanti, Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah Jurnal Professional Fis Unived Vol.6 No.1 Juni 2019

Anton Aulawi dan Srinawati Srinawati, “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis),” Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 2.1 (2019), 38–50 <https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489>.