GURU INOVATIF, PAHLAWAN DIGITAL: MENJEMBATANI MASA LALU DAN KOMUNIKASI MASA DEPAN PENDIDIKAN INDONESIA

Main Article Content

Muhamad Afdoli Ramadoni
Zulkipli Jemain
Saffanah Hilyah Dienie
Ahmad Mushlih
Kurniati Rezki Fitra

Abstract

Abstrak: Artikel ini mengeksplorasi peran transformatif guru sebagai "pahlawan digital" dalam sistem pendidikan Indonesia. Melalui kajian pustaka, artikel ini membahas bagaimana pendekatan inovatif, melalui integrasi teknologi, sangat penting untuk pendidikan modern. Artikel ini juga menyoroti tantangan dan solusi, terutama di wilayah yang akses teknologinya terbatas. Hasil penelitian menekankan bahwa meskipun teknologi dapat mendukung pembelajaran, guru tetap menjadi tokoh sentral dalam membentuk karakter siswa dan memastikan hasil pembelajaran yang efektif.

Article Details

How to Cite
Ramadoni, M. A., Zulkipli Jemain, Saffanah Hilyah Dienie, Ahmad Mushlih, & Kurniati Rezki Fitra. (2024). GURU INOVATIF, PAHLAWAN DIGITAL: MENJEMBATANI MASA LALU DAN KOMUNIKASI MASA DEPAN PENDIDIKAN INDONESIA. Istinbath, 16(2), 44-53. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.26034
Section
Artikel

How to Cite

Ramadoni, M. A., Zulkipli Jemain, Saffanah Hilyah Dienie, Ahmad Mushlih, & Kurniati Rezki Fitra. (2024). GURU INOVATIF, PAHLAWAN DIGITAL: MENJEMBATANI MASA LALU DAN KOMUNIKASI MASA DEPAN PENDIDIKAN INDONESIA. Istinbath, 16(2), 44-53. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.26034

References

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1980). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.

Anderson, Terry, & Dron, Jon. (2011). Three Generations of Distance Education Pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80-97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890

Dewey, John. (1938). Experience and Education. New York: Kappa Delta Pi.

Kalifah, Diah Rizki Nur, Nurul Hidayah, and Muhamad Afdoli Ramadoni. 2023. “Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Model Kurikulum Teknologi Dalam Merdeka Belajar Di MI.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 10(1):66. doi: 10.24042/terampil.v10i1.16235.

Fullan, Michael. (2011). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Garrison, D. Randy, & Anderson, Terry. (2003). E-Learning in the 21st Century: A Framework for Research and Practice. London: RoutledgeFalmer.

Hattie, John. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. London: Routledge.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Guru Penggerak: Membangun Generasi Emas Melalui Inovasi Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kraemer, Kenneth L., Dedrick, Jason, & Sharma, Prakul. (2009). One Laptop per Child: Vision vs. Reality. Communications of the ACM, 52(6), 66-73. https://doi.org/10.1145/1516046.1516063

Nasir, Muhammad. (2020). Peran Majelis Pendidikan Kader dalam Pengembangan Sumber Daya Guru Muhammadiyah. Yogyakarta: UII Press.

Nasution, Syaiful. (2011). Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qaradawi, Yusuf. (1999). Fiqh Al-Zakat. Beirut: Dar Al-Fikr.

Qureshi, Imran, et al. (2021). Technology and Education: A New Approach in Teaching. Educational Technology Research and Development, 69(1), 55-78. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09900-4

Salmon, Gilly. (2002). E-tivities: The Key to Active Online Learning. London: Routledge.

Senge, Peter Michael. (2006). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday.

Supriyanto. (2021). Tantangan dan Peluang Inovasi Pendidikan di Era Digital di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terpadu, 7(2), 82-94. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1555

Wijaya, Adi, et al. (2020). Menghadapi Era Digital dalam Pendidikan Indonesia. Yogyakar