RELEVANSI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TERHADAP REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Main Article Content

Muslih Hidayat
Irja Putra Pratama
Zaki Faddad Syarif Zain

Abstract

Penelitian ini mengkaji relevansi pemikiran Fazlur Rahman, khususnya hermeneutika ganda (double movement) dan prinsip ijtihad, dalam reformasi pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh stagnasi kurikulum dan metode pembelajaran tradisional yang kurang kontekstual terhadap tantangan zaman. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana konsep Rahman dapat menjembatani nilai-nilai Islam klasik dengan kebutuhan pendidikan modern. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis studi pustaka dengan menganalisis literatur primer dan sekunder terkait hermeneutika Fazlur Rahman serta aplikasinya dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hermeneutika ganda, yang mengintegrasikan konteks historis pewahyuan Al-Qur'an dengan penerapannya dalam kehidupan modern, menjadi landasan kurikulum pendidikan Islam yang adaptif dan responsif. Prinsip ijtihad memberikan fleksibilitas dalam menghadapi isu global seperti keadilan sosial, keberlanjutan lingkungan, dan etika bisnis. Selain itu, pendidikan berbasis nilai yang menekankan keadilan (‘adalah), persaudaraan (ukhuwah), dan tanggung jawab memiliki peran penting dalam membentuk karakter Islami siswa yang religius dan berpikir kritis. Meskipun demikian, tantangan implementasi meliputi resistensi terhadap perubahan, keterbatasan kapasitas pendidik, dan minimnya sumber daya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan kebijakan progresif, pelatihan intensif, dan kolaborasi internasional sangat diperlukan untuk menerapkan gagasan Fazlur Rahman dalam pendidikan Islam di Indonesia, menciptakan generasi yang beriman, inovatif, dan berkontribusi positif secara global.

Article Details

How to Cite
Muslih Hidayat, Irja Putra Pratama, & Zaki Faddad Syarif Zain. (2024). RELEVANSI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TERHADAP REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Istinbath, 16(2), 78-91. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.26743
Section
Artikel

How to Cite

Muslih Hidayat, Irja Putra Pratama, & Zaki Faddad Syarif Zain. (2024). RELEVANSI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TERHADAP REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Istinbath, 16(2), 78-91. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.26743

References

Afriadi, W., & Pati, S. (2021). Hermeneutic Method: Solutions to Fiqh Muamalah Contemporary Problems. Mizan Journal of Islamic Law, 5(3), 361. https://doi.org/10.32507/mizan.v5i3.1116

Ahmad, S., & Salahuddin, S. (2022). Perspektif Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Al-Musannif, 3(2), 133–150. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i2.52

Al Hasani, D. F., & Masnawati, E. (2024). Ijtihad in the Development of Science. 63–70. https://doi.org/10.59971/oase.v1i1.17

Alhaddad, M. R. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pandangan Fazlur Rahman. Raudhah Proud to Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 8–18. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.3

Anwar, A. M., & Ridlwan, B. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan KH M.A. Sahal Mahfudh Dengan Sistem Pendidikan Islam Kontemporer. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 4(2), 252–263. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i2.1703

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Kencana kerja sama dengan UIN Jakarta Press. https://books.google.co.id/books?id=TTvNDwAAQBAJ

bullah, habib habib. (2019). Konsepsi Hadis Dan Sunnah Prespektif Fazlur Rahman. Al-Mada Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, 1(2), 74–86. https://doi.org/10.31538/almada.v1i2.224

Dafiki, A. D. (2022). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman dalam Modernisasi Pendidikan Islam (Studi Analisis Di Madrasah Aliyah Al-Djufri Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan). Rabbani Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 250–266. https://doi.org/10.19105/rjpai.v3i2.6515

Fahimah, S. (2015). SISTEM ISNAD DAN OTENTISITAS HADITS; Kajian Orientalis Dan Gugatan Atasnya. Ulul Albab Jurnal Studi Islam, 15(2), 206. https://doi.org/10.18860/ua.v15i2.2651

Faizah, N., Zainuddin, Z., & Mutmainnah, M. (2024). Dimensions of Filosofis in the Management of Islam: Challenges and Opportunities. 1(2), 43–52. https://doi.org/10.61796/ijmi.v1i2.133

Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 70–87. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-05

Gemilang, K. M. (2023). Reinterpretasi Ayat Poligami Prespektif Teori Hermeneutika. Jisrah Jurnal Integrasi Ilmu Syariah, 4(2), 233. https://doi.org/10.31958/jisrah.v4i2.10434

Hidayat, R., Usman, J., & Suyanta, S. (2023). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Islam (Analisis SWOT Pada Kebijakan Kurikulum Merdeka). 1(02), 96–110. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol102.2023.96-110

Jamil, S. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. 1(2), 221–226. https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.11236

Junaidin, J. (2023). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Sistem Kontrol di Era 5.0. El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(1), 15–24. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i1.8426

Kadir, A. (2020). Dakwah Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Syaikh Ahmad Surkati. Jurnal Da Wah Risalah Merintis Da Wah Melanjutkan, 2(02), 1–20. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v2i02.54

Lutfani, L. (2020). Kontekstualisasi Pendidikan Islam Berbasis Al-Qur’an Dan Sirah Nabawiyah Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. Al-Munqidz Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 76–89. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.188

Mas’ulah, S. (2018). Analisa Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas XI dan Relevansinya di Indonesia. Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–77. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.404

Maulana, I. (2020). ISLAMIC EDUCATION IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 ERA: Considering Fazlur Rahman’s Thought About Islamic Education Modernization. Islamuna Jurnal Studi Islam, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.19105/islamuna.v7i1.3012

Missouri, R. (2023). Strategi Inovatif Menyatukan Tradisi Dan Modernitas Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23–34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820

Muhammad Agus Nurohman, N., Wakib Kurniawan, N., & Dedi Andrianto, N. (2024). Transformasi Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal. 55–80. https://doi.org/10.61402/crj.v1i4.179

Munir, A. (2020). Pertautan Antara Al-Qur’an Dan Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Fazlur Rahman. Tanjak Journal of Education and Teaching, 1(2), 181–191. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.154

None, N., Yaqin, A., Taufikin, T., & None, N. (2023). The Relevance of Fazlur Rahman’s Concept of Education to the Independent Learning Curriculum. International Journal of Social Science Humanity & Management Research, 2(12). https://doi.org/10.58806/ijsshmr.2023.v2i12n09

Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Fikri Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 30. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5150

Rahman, F. (1966). Islam. Weidenfeld & Nicolson. https://books.google.co.id/books?id=ZMP4MAAACAAJ

Rohadi, R., & Roza, E. (2024). Al Qur’an, Hadist, Dan Ijtihad Sebagai Sumber Pendidikan Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(02), 2003–2011. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5519

Rosia, R.-. (2020). Disparatis Riba Dan Bunga Bank; Perspektif Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman. An-Nisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 387–417. https://doi.org/10.21274/an.v7i02.2674

Rosyad, A. M., & Ma`arif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491

Rozaq, A. (2023). Qur’anic Hermeneutics and Its Applications by Fazlur Rahman. 1(2), 115–124. https://doi.org/10.62039/ijiss.v1i2.27

sori, H. an. (2021). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern. Atta Dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 59–73. https://doi.org/10.30863/attadib.v2i1.1067

Subechiana, C., & Ratnawati, N. (2024). Integrasi Budaya Islam Pada Pendekatan Culturally Relevant Teaching Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 8. https://doi.org/10.17977/um063v4i6p8

Sungkowo, E. (2022). Fazlur Rahman’s Concept of Thought “Islam and Modernity.” International Journal of Scientific Research and Management, 10(06), 1133–1137. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v10i6.sh01

Suparman, S., Nasri, U., & Zulkifli, M. (2023). Recontextualization of Islamic Educational Thought Within Fazlur Rahman’s Intellectual Framework. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1945–1950. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1639

Suud Sarim Karimullah, N. (2023). Progressive Islamic Religious Education in the Family as a Means of Empowering Women. Al-Aufa Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(2), 82–103. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.2286

Swazo, N. K. (2011). Islamic Intellectualism. American Journal of Islamic Social Sciences, 28(4), 1–30. https://doi.org/10.35632/ajiss.v28i4.330

Syamruddin, S. (2011). HERMENEUTIKA FAZLUR RAHMAN: Upaya Membangun Harmoni Teologi, Etika, Dan Hukum. Miqot Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 35(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v35i2.144

Ulya, U. (2013). HERMENEUTIKA DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN : Menuju Penetapan Hukum Bervisi Etis. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 12(2), 111–127. https://doi.org/10.18860/ua.v0i0.2385

Wijaya, M. M., Faizah, F. N., Rahmawati, D., & Khalim, M. A. (2023). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman dengan Dikotomi Pendidikan di Indonesia. Tafhim Al- Ilmi, 14(2), 215–233. https://doi.org/10.37459/tafhim.v14i2.6156

Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Jie (Journal of Islamic Education), 4(1), 16. https://doi.org/10.29062/jie.v4i1.109