RELEVANSI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TERHADAP REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Afriadi, W., & Pati, S. (2021). Hermeneutic Method: Solutions to Fiqh Muamalah Contemporary Problems. Mizan Journal of Islamic Law, 5(3), 361. https://doi.org/10.32507/mizan.v5i3.1116
Ahmad, S., & Salahuddin, S. (2022). Perspektif Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Al-Musannif, 3(2), 133–150. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i2.52
Al Hasani, D. F., & Masnawati, E. (2024). Ijtihad in the Development of Science. 63–70. https://doi.org/10.59971/oase.v1i1.17
Alhaddad, M. R. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pandangan Fazlur Rahman. Raudhah Proud to Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 8–18. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.3
Anwar, A. M., & Ridlwan, B. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan KH M.A. Sahal Mahfudh Dengan Sistem Pendidikan Islam Kontemporer. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 4(2), 252–263. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i2.1703
Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Kencana kerja sama dengan UIN Jakarta Press. https://books.google.co.id/books?id=TTvNDwAAQBAJ
bullah, habib habib. (2019). Konsepsi Hadis Dan Sunnah Prespektif Fazlur Rahman. Al-Mada Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, 1(2), 74–86. https://doi.org/10.31538/almada.v1i2.224
Dafiki, A. D. (2022). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman dalam Modernisasi Pendidikan Islam (Studi Analisis Di Madrasah Aliyah Al-Djufri Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan). Rabbani Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 250–266. https://doi.org/10.19105/rjpai.v3i2.6515
Fahimah, S. (2015). SISTEM ISNAD DAN OTENTISITAS HADITS; Kajian Orientalis Dan Gugatan Atasnya. Ulul Albab Jurnal Studi Islam, 15(2), 206. https://doi.org/10.18860/ua.v15i2.2651
Faizah, N., Zainuddin, Z., & Mutmainnah, M. (2024). Dimensions of Filosofis in the Management of Islam: Challenges and Opportunities. 1(2), 43–52. https://doi.org/10.61796/ijmi.v1i2.133
Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 70–87. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-05
Gemilang, K. M. (2023). Reinterpretasi Ayat Poligami Prespektif Teori Hermeneutika. Jisrah Jurnal Integrasi Ilmu Syariah, 4(2), 233. https://doi.org/10.31958/jisrah.v4i2.10434
Hidayat, R., Usman, J., & Suyanta, S. (2023). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Islam (Analisis SWOT Pada Kebijakan Kurikulum Merdeka). 1(02), 96–110. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol102.2023.96-110
Jamil, S. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. 1(2), 221–226. https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.11236
Junaidin, J. (2023). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Sistem Kontrol di Era 5.0. El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(1), 15–24. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i1.8426
Kadir, A. (2020). Dakwah Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Syaikh Ahmad Surkati. Jurnal Da Wah Risalah Merintis Da Wah Melanjutkan, 2(02), 1–20. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v2i02.54
Lutfani, L. (2020). Kontekstualisasi Pendidikan Islam Berbasis Al-Qur’an Dan Sirah Nabawiyah Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. Al-Munqidz Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 76–89. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.188
Mas’ulah, S. (2018). Analisa Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas XI dan Relevansinya di Indonesia. Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–77. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.404
Maulana, I. (2020). ISLAMIC EDUCATION IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 ERA: Considering Fazlur Rahman’s Thought About Islamic Education Modernization. Islamuna Jurnal Studi Islam, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.19105/islamuna.v7i1.3012
Missouri, R. (2023). Strategi Inovatif Menyatukan Tradisi Dan Modernitas Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23–34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820
Muhammad Agus Nurohman, N., Wakib Kurniawan, N., & Dedi Andrianto, N. (2024). Transformasi Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal. 55–80. https://doi.org/10.61402/crj.v1i4.179
Munir, A. (2020). Pertautan Antara Al-Qur’an Dan Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Fazlur Rahman. Tanjak Journal of Education and Teaching, 1(2), 181–191. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.154
None, N., Yaqin, A., Taufikin, T., & None, N. (2023). The Relevance of Fazlur Rahman’s Concept of Education to the Independent Learning Curriculum. International Journal of Social Science Humanity & Management Research, 2(12). https://doi.org/10.58806/ijsshmr.2023.v2i12n09
Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Fikri Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 30. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5150
Rahman, F. (1966). Islam. Weidenfeld & Nicolson. https://books.google.co.id/books?id=ZMP4MAAACAAJ
Rohadi, R., & Roza, E. (2024). Al Qur’an, Hadist, Dan Ijtihad Sebagai Sumber Pendidikan Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(02), 2003–2011. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5519
Rosia, R.-. (2020). Disparatis Riba Dan Bunga Bank; Perspektif Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman. An-Nisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 387–417. https://doi.org/10.21274/an.v7i02.2674
Rosyad, A. M., & Ma`arif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Rozaq, A. (2023). Qur’anic Hermeneutics and Its Applications by Fazlur Rahman. 1(2), 115–124. https://doi.org/10.62039/ijiss.v1i2.27
sori, H. an. (2021). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern. Atta Dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 59–73. https://doi.org/10.30863/attadib.v2i1.1067
Subechiana, C., & Ratnawati, N. (2024). Integrasi Budaya Islam Pada Pendekatan Culturally Relevant Teaching Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 8. https://doi.org/10.17977/um063v4i6p8
Sungkowo, E. (2022). Fazlur Rahman’s Concept of Thought “Islam and Modernity.” International Journal of Scientific Research and Management, 10(06), 1133–1137. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v10i6.sh01
Suparman, S., Nasri, U., & Zulkifli, M. (2023). Recontextualization of Islamic Educational Thought Within Fazlur Rahman’s Intellectual Framework. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1945–1950. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1639
Suud Sarim Karimullah, N. (2023). Progressive Islamic Religious Education in the Family as a Means of Empowering Women. Al-Aufa Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(2), 82–103. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.2286
Swazo, N. K. (2011). Islamic Intellectualism. American Journal of Islamic Social Sciences, 28(4), 1–30. https://doi.org/10.35632/ajiss.v28i4.330
Syamruddin, S. (2011). HERMENEUTIKA FAZLUR RAHMAN: Upaya Membangun Harmoni Teologi, Etika, Dan Hukum. Miqot Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 35(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v35i2.144
Ulya, U. (2013). HERMENEUTIKA DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN : Menuju Penetapan Hukum Bervisi Etis. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 12(2), 111–127. https://doi.org/10.18860/ua.v0i0.2385
Wijaya, M. M., Faizah, F. N., Rahmawati, D., & Khalim, M. A. (2023). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman dengan Dikotomi Pendidikan di Indonesia. Tafhim Al- Ilmi, 14(2), 215–233. https://doi.org/10.37459/tafhim.v14i2.6156
Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Jie (Journal of Islamic Education), 4(1), 16. https://doi.org/10.29062/jie.v4i1.109