STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Main Article Content

Deny Hendrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran abad 21 dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada pengembangan keterampilan kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa melalui pendekatan yang relevan dengan perkembangan zaman. Pembelajaran abad 21 menuntut perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana teknologi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking) diintegrasikan untuk meningkatkan pengalaman belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan mengumpulkan berbagai sumber pustaka yang relevan, termasuk buku, artikel, jurnal, dan dokumen kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PAI, guru perlu merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan keterampilan abad 21 dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, penerapan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, seperti Project Based Learning (PBL), Inquiry Based Learning (IBL), Jigsaw, dan Flipped Classroom, dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan mendorong mereka untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan menciptakan pengetahuan baru. Teknologi, meskipun menjadi tantangan di beberapa madrasah, memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, dengan syarat pemanfaatannya yang bijak dan efektif. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mempersiapkan siswa di abad 21, pembelajaran PAI harus berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman, serta memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan mendalam. Dengan demikian, pendidikan Agama Islam dapat berkontribusi dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas akademis, tetapi juga memiliki integritas, kreativitas, dan kepedulian sosial yang tinggi.

Article Details

How to Cite
Deny Hendrik. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Istinbath, 16(2), 117-128. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.27277
Section
Artikel

How to Cite

Deny Hendrik. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Istinbath, 16(2), 117-128. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.27277

References

Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.895

Aprianti, A. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. 2(2), 21–33. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11878

Arif, A. S. A. (2024). Transformasi Pendidikan Di Era Abad Ke-21: Inovasi, Integrasi Teknologi, dan Persiapan Siswa Untuk Masa Depan. https://doi.org/10.31237/osf.io/vpzrb

Baedowi, S. (2020). Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Islam Mahasiswa Pada Perkuliahan Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Prodi PGSD Universitas Pgri Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 110–117. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5075

Ballakrishnan, K., & Mohamad, M. (2020). Teachers’ Teaching Methods in Teaching Higher Order Thinking Skill (HOTS) Comprehension Questions. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(2). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i2/6935

Bostanje, H. M. T. B. H. M. T. (2021). The Relationship Between Science Teachers’ Use of the Flipped Classroom Strategy and Their Attitudes Towards Developing Higher-Order Thinking Skills Among Upper Basic Stage Students in Hebron: العلاقة بين استخدام معلمي العلوم لاستراتيجية الصف المعكوس واتجاهاتهم نحو تنمية مهارات التفكير العليا لدى طلبة المرحلة الأساسية العليا في محافظة الخليل. مجلة العلوم التربوية و النفسية, 5(39), 72–95. https://doi.org/10.26389/ajsrp.n101220

Eko Purnomo, N., & Novita Loka, N. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0. 3(1), 69–86. https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i1.33

Fadhilla, S. A. (2022). Memahami Peran Guru Pada Abad 21 Serta Tantangan Pembelajaran. https://doi.org/10.31237/osf.io/8ct9y

Fahmi, M. N., Sudira, P., & Hafzy, L. Al. (2022). Quantum Teaching Learning Model Assisted Interactive Media: Does It Affect Students’ Higher Order Thinking Skill? Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.54286

Ghazali, N. H. C. M., Hassan, N. M., Rabi, N. M., & Zaini, S. H. (2018). Confirmatory Factor Analysis of the Teaching Strategy for HOTs and LOTs Inventory in the Malaysian Context. Journal of Research Policy & Practice of Teachers & Teacher Education, 8(2), 83–94. https://doi.org/10.37134/jrpptte.vol8.no2.8.2018

Gusmita Dewi, N. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Moderasi Beragama. 1(2), 26–33. https://doi.org/10.61722/jipm.v1i2.12

Hapsah, S. (2022). Tantangan Guru Indonesia Dalam Pembelajaran Abad 21. https://doi.org/10.31237/osf.io/5jxkc

Harianto, J., & P, A. (2020). Peningkatan Pembelajaran Pai Melalui Discovery Inquiry Pada Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 203–217. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4793

Isnaini Wulandari, N., & Ndaru Mukti Oktaviani, N. (2024). Penyuluhan Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Abad 21 Di Sekolah Satu Atap Cimulya. Abdimas Siliwangi, 7(1), 122–134. https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21938

Khadafie, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Merdeka Belajar. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1757

Kismatun, K. (2021). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Inquiry. Teaching Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 266–275. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.754

Kusuma, M. T. A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik Dan Tren Pembelajaran Digital Di Era Teknologi. 1(2), 84–97. https://doi.org/10.70895/ijce.v1i2.29

Mansir, F. (2020). Identitas Guru Pai Abad 21 Yang Ideal Pada Pembelajaran Fiqh Di Sekolah Dan Madrasah. Muslim Heritage, 5(2), 435. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.2343

Mansir, F. (2024). Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perspektif Pendidikan Islam. 1(4), 132–146. https://doi.org/10.62335/f971q556

Mansir, F., & Tumin, T. (2024). Pendampingan Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Ciputat. 1(6), 288–294. https://doi.org/10.62335/2t150535

Manurung, M. (2023). Peran Komunikasi Dan Kolaborasi Matematika Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21. 1(4). https://doi.org/10.59945/jpnm.v1i4.54

Marhamah, M., Kesumawati, N., Rohana, R., Lusiana, L., Fitri Puspa Sari, E., Meilani, D., & Emiliandri, F. (2024). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Guru SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1153–1160. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2829

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Moh. Restu Hoeruman, N., Syarif Bahaudin Mudore, N., & Andi Nurindah Sari, N. (2025). Pendidikan Agama Islam di Era Pembelajaran Abad 21. 3(2), 35–46. https://doi.org/10.35905/dialektika.v3i2.12707

Nailah Hasanah, N. H. (2024). Pengembangan Teknologi Berbasis Kurikulum Merdekan di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Profil Pancasila. Hamka Insight, 2(2). https://doi.org/10.51574/hamka.v2i2.109

Nasirun, M., Suprapti, A., & Indrawati, I. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pembelajaran Model Pembelajaran Abad 21 Di Tk Dharma Wanita Provinsi Bengkulu. Jurnal Abdi Paud, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19559

Nofrion, N. (2018). Peran Guru Dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/tnc5b

Nurpratiwi, S., Effendi, M. R., & Amaliyah, A. (2021). Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based on the Flipped Classroom. Istawa Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 16. https://doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107

Pahrudin, A., Wakidi, W., & Anggini, V. (2024). Critical Analysis of Curriculum Management Development in 21st Century Islamic Education. Edutec Journal of Education and Technology, 7(4). https://doi.org/10.29062/edu.v7i4.821

Prayitno, B. A., Suciati, S., & Titikusumawati, E. (2018). Enhancing Students’ Higher Order Thinking Skills in Science Through Instad Strategy. Journal of Baltic Science Education, 17(6), 1046–1055. https://doi.org/10.33225/jbse/18.17.1046

Purnomo, E., Zafi, A. A., & Wahid, L. A. (2022). Tranformasi Strategi Pembelajaran PAI di PTKIN Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning. Fondatia, 6(4), 862–881. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2304

Rahmaniar, A., & Latief, A. (2021). Analisis Literatur Teknologi Dalam Integrasi Pendidikan STEM Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (Jlpf), 2(2), 143–148. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.680

Ramadhan, M. R. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam. Fikroh Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(2), 201–211. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.114

Rifaldi, N., Patimah, S., & Yuberti, Y. (2023). Strategi Belajar Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1669–1672. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1752

Risal Qori Amarullah, N. (2024). Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. 1(2), 84–101. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.4026

Rofii, A., Nurhidayat, E., Firharmawan, H., & Prihartini, E. (2023). Pelatihan Peningkatan Professional Competence Guru dalam Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran di MGMP Bahasa Inggris SMK Kab. Majalengka. Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1915–1921. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5509

Rusdiani, A., & Saputra, J. A. (2022). Penggunaaan Teknologi dalam Pembelajaran Daring pada Kelompok Kerja Guru PAI SD. Jurnal Sinergi, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.23960/jsi.v3i1.32

Sa’datul Marwah, R. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam dan Upaya Merespon Perkembangan Abad 21. Islamic Journal of Education, 2(2), 64–76. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i2.195

Saifer, S. (2024). Teaching Reading and Writing With Higher-Order Thinking. 241–251. https://doi.org/10.4324/9781032683423-14

Sari, A., Indra Putri, R. I., Herlina, R., Rahayu, C., Rawani, D., Gustiningsi, T., & Septimiranti, D. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Aktivitas Siswa Abad 21 Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Bagi Guru Sekolah Menengah Matematika Di Pagaralam. Jurnal Abdimas, 26(2), 128–133. https://doi.org/10.15294/abdimas.v26i2.34725

Siswanto. (2013). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. CV Salsabila Putra Pratama.

Suyato, S., Hidayah, Y., Editor, E., & Septiningrum, L. (2023). Revitalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21: Analisis Keterampilan Abad 21. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 78–84. https://doi.org/10.21831/socia.v19i2.60152

Tanjung, N., Irwansyah, I., & Wirda, F. (2023). Peran Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Yang Efektif Di SMP Al-Azhar Medan. 8(2), 74. https://doi.org/10.54248/alhadi.v8i2.4658

Wasilah, H. (2020). Upaya Mengatasi Tantangan Pendidikan Islam Pada Abad Xxi. Tamaddun, 21(1), 77. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1379