STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.895
Aprianti, A. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. 2(2), 21–33. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11878
Arif, A. S. A. (2024). Transformasi Pendidikan Di Era Abad Ke-21: Inovasi, Integrasi Teknologi, dan Persiapan Siswa Untuk Masa Depan. https://doi.org/10.31237/osf.io/vpzrb
Baedowi, S. (2020). Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Islam Mahasiswa Pada Perkuliahan Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Prodi PGSD Universitas Pgri Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 110–117. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5075
Ballakrishnan, K., & Mohamad, M. (2020). Teachers’ Teaching Methods in Teaching Higher Order Thinking Skill (HOTS) Comprehension Questions. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(2). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i2/6935
Bostanje, H. M. T. B. H. M. T. (2021). The Relationship Between Science Teachers’ Use of the Flipped Classroom Strategy and Their Attitudes Towards Developing Higher-Order Thinking Skills Among Upper Basic Stage Students in Hebron: العلاقة بين استخدام معلمي العلوم لاستراتيجية الصف المعكوس واتجاهاتهم نحو تنمية مهارات التفكير العليا لدى طلبة المرحلة الأساسية العليا في محافظة الخليل. مجلة العلوم التربوية و النفسية, 5(39), 72–95. https://doi.org/10.26389/ajsrp.n101220
Eko Purnomo, N., & Novita Loka, N. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0. 3(1), 69–86. https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i1.33
Fadhilla, S. A. (2022). Memahami Peran Guru Pada Abad 21 Serta Tantangan Pembelajaran. https://doi.org/10.31237/osf.io/8ct9y
Fahmi, M. N., Sudira, P., & Hafzy, L. Al. (2022). Quantum Teaching Learning Model Assisted Interactive Media: Does It Affect Students’ Higher Order Thinking Skill? Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.54286
Ghazali, N. H. C. M., Hassan, N. M., Rabi, N. M., & Zaini, S. H. (2018). Confirmatory Factor Analysis of the Teaching Strategy for HOTs and LOTs Inventory in the Malaysian Context. Journal of Research Policy & Practice of Teachers & Teacher Education, 8(2), 83–94. https://doi.org/10.37134/jrpptte.vol8.no2.8.2018
Gusmita Dewi, N. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Moderasi Beragama. 1(2), 26–33. https://doi.org/10.61722/jipm.v1i2.12
Hapsah, S. (2022). Tantangan Guru Indonesia Dalam Pembelajaran Abad 21. https://doi.org/10.31237/osf.io/5jxkc
Harianto, J., & P, A. (2020). Peningkatan Pembelajaran Pai Melalui Discovery Inquiry Pada Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 203–217. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4793
Isnaini Wulandari, N., & Ndaru Mukti Oktaviani, N. (2024). Penyuluhan Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Abad 21 Di Sekolah Satu Atap Cimulya. Abdimas Siliwangi, 7(1), 122–134. https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21938
Khadafie, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Merdeka Belajar. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1757
Kismatun, K. (2021). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Inquiry. Teaching Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 266–275. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.754
Kusuma, M. T. A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik Dan Tren Pembelajaran Digital Di Era Teknologi. 1(2), 84–97. https://doi.org/10.70895/ijce.v1i2.29
Mansir, F. (2020). Identitas Guru Pai Abad 21 Yang Ideal Pada Pembelajaran Fiqh Di Sekolah Dan Madrasah. Muslim Heritage, 5(2), 435. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.2343
Mansir, F. (2024). Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perspektif Pendidikan Islam. 1(4), 132–146. https://doi.org/10.62335/f971q556
Mansir, F., & Tumin, T. (2024). Pendampingan Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Ciputat. 1(6), 288–294. https://doi.org/10.62335/2t150535
Manurung, M. (2023). Peran Komunikasi Dan Kolaborasi Matematika Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21. 1(4). https://doi.org/10.59945/jpnm.v1i4.54
Marhamah, M., Kesumawati, N., Rohana, R., Lusiana, L., Fitri Puspa Sari, E., Meilani, D., & Emiliandri, F. (2024). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Guru SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1153–1160. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2829
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Moh. Restu Hoeruman, N., Syarif Bahaudin Mudore, N., & Andi Nurindah Sari, N. (2025). Pendidikan Agama Islam di Era Pembelajaran Abad 21. 3(2), 35–46. https://doi.org/10.35905/dialektika.v3i2.12707
Nailah Hasanah, N. H. (2024). Pengembangan Teknologi Berbasis Kurikulum Merdekan di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Profil Pancasila. Hamka Insight, 2(2). https://doi.org/10.51574/hamka.v2i2.109
Nasirun, M., Suprapti, A., & Indrawati, I. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pembelajaran Model Pembelajaran Abad 21 Di Tk Dharma Wanita Provinsi Bengkulu. Jurnal Abdi Paud, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19559
Nofrion, N. (2018). Peran Guru Dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/tnc5b
Nurpratiwi, S., Effendi, M. R., & Amaliyah, A. (2021). Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based on the Flipped Classroom. Istawa Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 16. https://doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107
Pahrudin, A., Wakidi, W., & Anggini, V. (2024). Critical Analysis of Curriculum Management Development in 21st Century Islamic Education. Edutec Journal of Education and Technology, 7(4). https://doi.org/10.29062/edu.v7i4.821
Prayitno, B. A., Suciati, S., & Titikusumawati, E. (2018). Enhancing Students’ Higher Order Thinking Skills in Science Through Instad Strategy. Journal of Baltic Science Education, 17(6), 1046–1055. https://doi.org/10.33225/jbse/18.17.1046
Purnomo, E., Zafi, A. A., & Wahid, L. A. (2022). Tranformasi Strategi Pembelajaran PAI di PTKIN Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning. Fondatia, 6(4), 862–881. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2304
Rahmaniar, A., & Latief, A. (2021). Analisis Literatur Teknologi Dalam Integrasi Pendidikan STEM Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (Jlpf), 2(2), 143–148. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.680
Ramadhan, M. R. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam. Fikroh Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(2), 201–211. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.114
Rifaldi, N., Patimah, S., & Yuberti, Y. (2023). Strategi Belajar Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1669–1672. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1752
Risal Qori Amarullah, N. (2024). Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. 1(2), 84–101. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2.4026
Rofii, A., Nurhidayat, E., Firharmawan, H., & Prihartini, E. (2023). Pelatihan Peningkatan Professional Competence Guru dalam Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran di MGMP Bahasa Inggris SMK Kab. Majalengka. Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1915–1921. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5509
Rusdiani, A., & Saputra, J. A. (2022). Penggunaaan Teknologi dalam Pembelajaran Daring pada Kelompok Kerja Guru PAI SD. Jurnal Sinergi, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.23960/jsi.v3i1.32
Sa’datul Marwah, R. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam dan Upaya Merespon Perkembangan Abad 21. Islamic Journal of Education, 2(2), 64–76. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i2.195
Saifer, S. (2024). Teaching Reading and Writing With Higher-Order Thinking. 241–251. https://doi.org/10.4324/9781032683423-14
Sari, A., Indra Putri, R. I., Herlina, R., Rahayu, C., Rawani, D., Gustiningsi, T., & Septimiranti, D. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Aktivitas Siswa Abad 21 Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Bagi Guru Sekolah Menengah Matematika Di Pagaralam. Jurnal Abdimas, 26(2), 128–133. https://doi.org/10.15294/abdimas.v26i2.34725
Siswanto. (2013). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. CV Salsabila Putra Pratama.
Suyato, S., Hidayah, Y., Editor, E., & Septiningrum, L. (2023). Revitalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21: Analisis Keterampilan Abad 21. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 78–84. https://doi.org/10.21831/socia.v19i2.60152
Tanjung, N., Irwansyah, I., & Wirda, F. (2023). Peran Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Yang Efektif Di SMP Al-Azhar Medan. 8(2), 74. https://doi.org/10.54248/alhadi.v8i2.4658
Wasilah, H. (2020). Upaya Mengatasi Tantangan Pendidikan Islam Pada Abad Xxi. Tamaddun, 21(1), 77. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1379