Pelaksanaan Kreativitas dan Nilai Estetika Pendidikan Islam Melalui Pembuatan Mading dan Hiasan Sekolah

Main Article Content

Annisa Winada
Ade Akhmad Saputra

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia saat ini menghadapi beberapa tantangan, terutama dalam mengintegrasikan nilai-nilai estetika dan kreativitas dalam proses belajar mengajar. Sebagian besar sekolah di Indonesia masih mengandalkan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembuatan majalah dinding (mading) dan dekorasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas serta apresiasi estetika siswa di SD N 23 Banyuasin III. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis tematik untuk menggali aspek kreativitas dan nilai estetika dalam pembuatan Mading. Proses dimulai dengan reduksi data, di mana informasi yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dikumpulkan serta diklasifikasikan berdasarkan relevansi, seperti perencanaan, estetika, dan hambatan yang dihadapi. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dienkode untuk mengelompokkan informasi sesuai dengan makna yang diinginkan, seperti kreativitas dalam perencanaan dan elemen estetika dalam desain. Data yang telah dikode identifikasi dan dikelompokkan ke dalam tema utama, seperti pelaksanaan perencanaan Mading, penerapan nilai estetika, dan berbagai hambatan yang muncul. Hasil analisis kemudian disajikan dalam bentuk deskripsi naratif yang menghubungkan temuan dengan teori-teori yang relevan, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kreativitas dan estetika sangat dipengaruhi oleh perencanaan, desain visual, serta kendala teknis yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif siswa dalam pembuatan mading dapat secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka, sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya. Kegiatan ini juga berfungsi sebagai media komunikasi yang efektif, memperkuat literasi, dan mendukung pemahaman terhadap nilai-nilai agama. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendorong partisipasi aktif dari siswa.
Kata kunci: pendidikan Islam, kreativitas, mading
 

Article Details

How to Cite
Annisa Winada, & Ade Akhmad Saputra. (2025). Pelaksanaan Kreativitas dan Nilai Estetika Pendidikan Islam Melalui Pembuatan Mading dan Hiasan Sekolah. Istinbath, 17(1), 1-13. https://doi.org/10.19109/istinbath.v17i1.27637
Section
Artikel

How to Cite

Annisa Winada, & Ade Akhmad Saputra. (2025). Pelaksanaan Kreativitas dan Nilai Estetika Pendidikan Islam Melalui Pembuatan Mading dan Hiasan Sekolah. Istinbath, 17(1), 1-13. https://doi.org/10.19109/istinbath.v17i1.27637

References

Al-Husna, F. N., & IP, S. (2022). Best Pratice: Pemanfaatan “Taquo” Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Minat Kunjung Siswa Smp Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang. In Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi. core.ac.uk.

Al Munawwarah, A., & Arafah, K. (2018). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Fisika Didik Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 4(1), 11–15.

Amirudin, A., & Ningtyas, T. R. (2024). Penguatan Lingkungan Membaca melalui Majalah Dinding di MA Daarul Hikmah Pamulang. In Acitya Bhakti. academia.edu.

ANH, R. F., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Konsep nilai etika dan estetika dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 17–30.

Arfiana, S., Sinring, A., & Buchori, S. (2024). Development Of Media Website Based Mading As An Information Service Career In High School. Pinisi Journal of Education.

Astuti, R. (2020). Hiasan Dinding dan Majalah Dinding Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah. Rosdakarya.

Ayuningtyas, P., Widiyohening, C. R., & ... (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD N Grantung Purworejo. Jurnal Pendidikan ….

Azmi, S. N. (2012). Perbandingan antara model pembelajaran cooperative learning tipe stad dengan pembelajaran konvensional dalam rangka meningkatkan hasil belajar PAI (eksperimen kelas XI SMA Negeri 3 Tangerang).

Belina, L., Ifnaldi, I., & Misriani, A. (2023). Pemberdayaan Mading Dalam Keterampilan Menulis Pantun Untuk Mewujudkan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Sdn 18 Rejang Lebong. e-theses.iaincurup.ac.id.

Bhena, M., Nuwa, A., & Awe, E. (2025). Peningkatan Minat Baca dan Kreativitas Menciptakan Karya Tulis Siswa Kelas IV Melalui Program Mading Di SDK Mabhambawa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah ….

Fadhli, K., Nasrulloh, M. F., Huda, M. F., Latifah, S., Putri, S. E., & Prasasti, M. A. (2023). Peningkatan Literasi Siswa melalui Edugames dengan Mading Art Question. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 40–46.

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran konvensional dan kritis kreatif dalam perspektif pendidikan islam. Hikmah, 18(1), 64–80.

Fatimah, W., & Amaliyah, N. (2024). PROGRAM PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI SD INPRES 222 SAMPULUNGAN. Selecta Education Jurnal.

Hakim, L. (2018). Pelatihan karya tulis dan majalah dinding bagi siswa madrasah tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 101–110.

Hakim, L. (2020). Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Gestalt Media.

Halim, A., Rifa, N. N., & Arliyan, E. (2022). Pembelajaran Apresiasi Sastra Melalui Majalah Dinding. Jurnal Guru Indonesia.

Hasibuan, A. T., Sianipar, M. R., Ramdhani, A. D., Putri, F. W., & Ritonga, N. Z. (2022). Konsep dan karakteristik penelitian kualitatif serta perbedaannya dengan penelitian kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8686–8692.

Hidayat, R., Usdalifa, S., & Asmawati, S. (2018). KeMah pendidikan trisik: konservasi mangrove sebagai hutan pendidikan. In Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian ….

Ichsan, Y. (2022). Implementasi seni tari dalam pendidikan islam. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 1–14.

Indriasari, T. D., Purnomo, S., & Anindito, K. (2013). Konsep E-Directory Batik Berbasis Mobile Web dan Location Based Service. e-journal.uajy.ac.id.

Jayani, L. S. A., Sriasih, S. A. P., & ... (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH DINDING SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS X DI SMA N 1 SERIRIT …. … Bahasa Dan Sastra ….

Jazirotunnada, J., & Abidin, M. (2023). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMP Negeri 2 Turen. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 137–146.

Kumala, A. E. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. dspace.uii.ac.id.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. books.google.com.

Lestari, S. D. (2012). Kreasi Barang Bekas. books.google.com.

Mahardika, A. (2017). Penanaman karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 16–27.

Maskhuroh, L., & Haris, A. (2022). Filsafat Inovasi dan Kreativitas Pendidikan Islam di Era Digital. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 26–36.

Maulana, D., & Lestari, K. C. (2024). PENERAPAN MEDIA INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MAJALAH DINDING DI MTS LIBASUT TAQWA. In ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA.

Mazhud, N., Akidah, I., & Rahmawati, S. (2023). Menumbuhkan Kreativitas melalui Pelatihan Membuat Mading Digital Siswa MA Wihdatul Ulum. Madaniya, 4(1), 425–434.

Melyen, A., Ramadhani, G. F., Jenita, Y. L., & Heriyandini, Y. M. (2024). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi di SD Negeri 017/XI Sungai Ning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2924–2931.

Nadira, D. (2017). Pola kepemimpinan kepala sekolah di yayasan pendidikan islam amir hamzah. Benchmarking, 1(2).

Nasta, M., Mahmud, M., Nurfadhilah, A. S., Thalib, A., & Nur, M. S. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MAJALAH DINDING (MADING) KEPADA SISWA MAN PANGKEP. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(04), 746–752.

OKTARINI, R. (2018). Pengelolaan Mading (Majalah Dinding) Sekolah di Madrasah Aliyah Sabilul Hasanah Kabupaten Banyuasin. eprints.radenfatah.ac.id.

Pratama, E. D., Mahardika, D. A., & Andreas, R. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 93–102.

Qodrih, S., & Arief, M. (2020). Seni Instalasi Kenangan Bersama Bapa’. Sakala Jurnal Seni Rupa Murni.

Radjagukguk, D. L., Sriwartini, Y., & Salim, A. (2021). Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah Di SMA Bunda Kandung Jakarta. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 788–799.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi. Jurnal Eksis, 8(1), 2053–2059.

Razali, R., Rijal, F., & Irhami, A. H. (2023). Optimalisasi Pemanfataan Majalah Dinding sebagai Media Edukasi dan Informasi pada Kampus PTKI Berbasis Dayah:(Kegiatan Pengabdian di IAI Al-Aziziyah Aceh). Khadem: Jurnal Pengabdian ….

Rh, U., & Ana, R. F. R. (2022). Pemanfaatan Majalah Dinding Kelas Untuk Melatih Keterampilan Menulis Siswa Kelas Iv Sdn 1 Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 194–209.

Riendra, M. E. (2015). Learning science to use project based learning model and through laboratory experimental method to improve learning outcomes and creativity of students in class …. Biogenesis.

Risdayah, E., Wibawa, D., & Sumadiria, H. (2025). Majalah Dinding Sebagai Media Komunikasi Santri Di Indonesia. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(1).

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A., Anisah, H. U., & ... (2021). Metode penelitian kualitatif. books.google.com.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & ... (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of ….

Sanjaya, W. (2015). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Santoso, H. (2011). Majalah dinding sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menulis dan budaya baca siswa. Universitas Negeri Malang.

Sunghanok, T. (2024). Examining Role of Service Performance and Price Strategy on Business Performance. Journal of Current Research in Business and Economics, 3(1), 2259–2292.

Syifahayu, S., Hidayat, R., & Supriyanto, D. (2024). Implementasi Manajemen Strategi Adaptasi Organisasi Sekolah Dalam Konteks Perubahan Globalisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 5(1), 73–84.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).