Pemanfaatan Konten Hiburan Untuk Optimalisasi Penjualan: Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM

Main Article Content

Dera Adelia Dera
Junika Virlia
Anggie Ramahdani

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong serta menjaga perkembangan ekonomi di Indonesia. UMKM berkontribusi besar dengan memberikan sumber daya bagi para pelaku usaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Untuk tetap bersaing di pasar global, UMKM di Indonesia terus meningkatkan inovasi dan pengembangan diri guna mempertahankan eksistensinya dalam dunia bisnis. Namun, meningkatnya persaingan dengan pelaku usaha lain yang menawarkan produk serupa memberikan pengaruh yang signifikan pada tingkat penjualan dan pendapatan mereka. Dimasa digital sekarang, seluruh aspek kehidupan telah dipengaruhi oleh kemajuan digitalisasi, sehingga menyebabkan perubahan besar dalam cara perilaku berbelanja pelanggan. Belanja daring kini telah lumrah terjadi, dalam cara berdagang digital dengan memanfaatkan media sosial seperti TikTok sebagai cara yang berpengaruh bagi UMKM dalam memasarkan dagangan mereka.

Article Details

How to Cite
Dera, D. A., Virlia, J. ., & Ramahdani, A. (2025). Pemanfaatan Konten Hiburan Untuk Optimalisasi Penjualan: Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM. Istinbath, 17(1), 23-35. https://doi.org/10.19109/istinbath.v17i1.28455
Section
Artikel

How to Cite

Dera, D. A., Virlia, J. ., & Ramahdani, A. (2025). Pemanfaatan Konten Hiburan Untuk Optimalisasi Penjualan: Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM. Istinbath, 17(1), 23-35. https://doi.org/10.19109/istinbath.v17i1.28455

References

Aplikasi, Pemanfatan, Tiktok Shop, Sebagai Media, Promosi Terhadap, Umkm Toko, Hijab Abiee, Hijab Di Mmtc, et al. 2023. “Utilization of the TikTok Shop Application as a Promotional Media for MSMEs Abiee Hijab Hijab Shops at MMTC.” Vol. 1. https://ukitoraja.id/index.php/jnb10.

Aribowo, Handy. 2023. “Jurnal Mirai Management Peranan Media Sosial Terhadap Kenaikan Nilai Omset Penjualan Di ‘Tiktok’ Pada Pedagang Dengan Cara Live Shopping.” Jurnal Mirai Management 8 (2): 219–39. http://databoks.katadata.co.id.

Asshidqi, Ahmad Azmi, and Nina Yuliana. 2023. “Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM Lokal.” Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 1 (5). https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058.

Ika Idris Penulis Ika K Idris, Editor K, Prabu Revolusi, Tri Wahyuti, Kurniawaty Yusuf, Faris Budiman Annas, Atika Budhi Utami, Totok Amin Soefijanto, Putut Widjanarko, and Rini Sudarmanti. n.d. Bunga Rampai KOMUNIKASI Di MEDIA BARU.

Priyono, Muhammad Bintang, and Dian Permata Sari. 2023. “Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (17): 497–506. https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865.

Sinarwati Inang. n.d. Strategi Pemasaran Cerdas. Zabags Ou Publish. “SKRIPSI MIFTAHUL ANDRIANI (11190810000109) MANAJEMEN 2019.” n.d.

Wahyuarini Tri. n.d. Pengantar Ilmu Pariwisata. CV Gita Lentera. Widyatuti Efitri. n.d. Kotak Hitam Tiktok Dan Shopee.

Zahra, Zakia, Risma Ayunda P, and Mareta Nabila Naben. 2023. “Analisis ‘Predatory Pricing’ TikTok Shop Di Tengah Pemanfaatan Media Sosial Bagi UMKM Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional, 1022–30.