Implementasi Supervisi Pendidikan sebagai Cara untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar

Main Article Content

Dwi Aprianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi supervisi pendidikan sebagai strategi dalam meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar. Kinerja guru yang optimal merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pembelajaran dan capaian peserta didik. Namun, berbagai tantangan masih dihadapi guru di lapangan, mulai dari kurangnya inovasi pembelajaran, lemahnya evaluasi, hingga rendahnya kesadaran reflektif terhadap praktik mengajar. Supervisi pendidikan hadir sebagai salah satu instrumen penting dalam membimbing, mendampingi, dan meningkatkan kompetensi profesional guru secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan pengawas pendidikan pada jenjang menengah pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi yang terstruktur, partisipatif, dan berbasis kebutuhan guru mampu meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran, strategi mengajar, dan evaluasi belajar peserta didik. Supervisi juga mendorong lahirnya budaya refleksi, kolaborasi antar guru, dan peningkatan motivasi kerja. Selain itu, pendekatan supervisi yang humanis dan berbasis dialog dinilai lebih efektif dibanding pendekatan kontrol yang bersifat top-down. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan kompetensi supervisor, sistem monitoring yang berkelanjutan, serta pelibatan guru secara aktif dalam proses supervisi. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model supervisi pendidikan yang kontekstual, aplikatif, dan berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Dwi Aprianto. (2025). Implementasi Supervisi Pendidikan sebagai Cara untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Istinbath, 17(1), 60-71. https://doi.org/10.19109/istinbath.v17i1.30196
Section
Artikel

How to Cite

Dwi Aprianto. (2025). Implementasi Supervisi Pendidikan sebagai Cara untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Istinbath, 17(1), 60-71. https://doi.org/10.19109/istinbath.v17i1.30196

References

Acheson, K. A., & Gall, M. D. (2003). Clinical Supervision and Teacher Development: Preservice and Inservice Applications. ERIC.

Alam, S. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 179–188.

Asmarani, A., Purwanti, S., & Latief, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di SMP. Edutainment, 9(2), 83–91.

DuFour, R., & Eaker, R. (2009). Professional learning communities at work tm: best practices for enhancing students achievement. Solution Tree Press.

Ebmeier, H., & Nicklaus, J. (1999). The Impact of Peer and Principal Collaborative Supervision on Teachers’ Trust Commitment, Desire for Collaboration, and Efficacy. Journal of Curriculum and Supervision, 14(4), 351.

Glatthorn, A. A. (1990). Cooperative Professional Development: Facilitating The Growth of The Special Education Teacher and The Classroom Teacher. Remedial and Special Education, 11(3), 29–34.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2001). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. ERIC.

Ibrahim, I. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDI KHA Wahid Hasyim Bangil. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Lombardi, J. (2001). Supervision of Student Teachers: Emerging Models and Innovative Approaches in The USA. Teacher Development, 5(3), 309–322.

Muslih, M., Bustari, M., Rubi’ah, S., & Hingmane, G. O. (2025). SUPERVISI AKADEMIK (HUMANIS) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (STUDI KASUS SMP NEGERI DAERAH TERDEPAN DAN TERLUAR). Research and Development Journal of Education, 11(1), 519–526.

Pramasari, R., Ismanto, B., Satyawati, S. T., Young, J. S., & Hida, E. U. (2025). Development of Peer-Based Academic Supervision Model in Increase Skills Teaching The 21st Century in Elementary Schools. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 11(1), 457–468.

Putri, Y. M., & Supriadi, S. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik dan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Mtsn Se-Kabupaten Lima Puluh Kota. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 112–122.

Schön, D. A. (2017). The Reflective Practitioner: How Professionals Think in Action. Routledge.

Sergiovanni, T. J., Starratt, R. J., & Cho, V. (1993). Supervision: A Redefinition. (No Title).

Supatah, S., Fitriani, M. I., & Thohri, M. (2024). Implementation of Peer To Peer Supervision in Developing Competencies of Junior High School and Madrasah Tsanawiyah Teachers in Sekarbela District, Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1076–1083.

Thowiyah, S., Etek, Y., Syahril, S., Fauzan, A., & Koderi, K. (2021). Clinical Supervision Based on Spiritual Quotient to Improve the Performance of Madrasah Teachers. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 3047–3060. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1399

Veloo, A., Komuji, M. M. A., & Khalid, R. (2013). The Effects of Clinical Supervision on The Teaching Performance of Secondary School Teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 35–39.

Wenger, E. (1999). Communities of practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge university press.

Zepeda, S. J. (2013). Instructional Supervision: Applying Tools and Concepts. Routledge.

Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230–244.