PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PELITA PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Pelita Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain posstest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Pelita Palembang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 57 siswa. Dari dua kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kontrol dan kelas VIII.1 berjumlah 29 siswa sebagai kelas ekperimen. Dengan penentuan sampel teknik random. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan metode discovery learning dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi bangun ruang sisi datar subpokok bahasan limas. Pada pertemuan keempat kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan metode discovery learning didapat
Article Details
How to Cite
Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2017). PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PELITA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 161-183. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2017). PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PELITA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 161-183. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229