PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV SDN 156 PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menguji pengembangan modul berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku kelas IV SD/ MI yang valid (2) untuk menguji pengembangan modul berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku kelas IV SD/ MI yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: self evaluation,, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test. Pengumpulan data yang digunakan angket, yang terbagi menjadi dua yaitu angket responden untuk guru dan angket responden untuk peserta didik. Uji validitas data menggunakan angket pada tahap one to one dan small group. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 156 Palembang dengan jumlah 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review berupa skor dengan rata-rata sebesar 84 sehingga dikategorikan sangat valid, (2)penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada tahap angket responden peserta didik (one to one dan small group) berupa skor dengan rata-rata sebesar 91 dan pada tahap angket responden guru berupa skor dengan rata-rata 88 sehingga dikategorikan sangat praktis
Article Details
Section
Articles