PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 01 CAMPANG TIGA ILIR KEC. CEMPAKA KAB. OKU TIMUR

Main Article Content

Novi Fitrianita
Mardiah Astuti
Ahmad Syarifuddin
Ines Tasya Jadidah

Abstract

Permasalahan yang ada di SD Negeri  01 Campang Tiga Ilir yaitu siswa banyak yang belum mencapai KKM Pada pembelajaran tematik, guru masih kurang kreatif dalam memberikan model pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan  Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di SD Negeri 01 Campang Tiga Ilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen, Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental Design dalam bentuk  One-Grup Pretest-posttest design, desain dapat membandingkan dua data sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan uji t, uji normalitas dan uji hipotesis. Teknik  pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang terdiri dari 17 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Dilihat hasil dari tes terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu df sebesar 16 dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (ttabel  5% = 2,120  )dan ttabel 1% = 2,921 ) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar yaitu: t0 Pretest  2,12 <  27,833 > 2,92, dan t0  Posttest  2,12 <  45,364  > 2,92. Yang berarti adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa

Article Details

Section
Articles