ANALISIS KESULITAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SDN 239 PALEMBANG

Main Article Content

Leni Yuliani
Amir Hamzah
Faisal Faisal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kesulitan guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran tematik dengan Kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. informan penelitian ini adalah Guru kelas I dan II SDN 239 Palembang. Teknik pengumpulan data menggnakan wawancara, observasi, dan okumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adapun faktor-faktor kesulitan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu (1) Guru kesulitan dalam melakukan perencanaan pembelajaran tematik; guru merasa kesulitan ketika memadukan materi pelajaran dalam langkah- langkah pembelajaran pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan kesulitan dalam mengkonversi mata pelajaran. (2) Guru kesulitan dalam melakukan proses pelaksanaan pembelajaran tematik; guru merasa kesulitan dalam mengatur alokasi waktu pembelajaran, mengembangkan materi dan belum mampu meningkatkan antusiasme peserta didik terhadap pembelajaran tematik. (3) Guru kesulitan dalam melakukan evaluasi atau penilaian pada pembelajaran tematik; Adapun masalah yang dirasakan oleh guru terkait pada proses penilaian yaitu yang pertama adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru di mana guru harus membagi waktu antara penyampaian materi, pemberian tugas, dan proses evaluasi.

Article Details

Section
Articles